Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Otak di Balik Keindahan Gadget Apple Pensiun?

Kompas.com - 22/11/2016, 18:03 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Bagi pecinta Apple, nama Jonathan "Jony" Ive seharusnya sudah tidak asing lagi. Dialah otak di balik desain-desain keren darii berbagai perangkat hardware keluaran Apple.

Dari coretan tangannya, lahir desain menawan produk-produk ikonik Apple, seperti iMac, MacBook, iPod, iPhone, dan iPad. Jabatannya di Apple saat ini adalah Chief Design Officer.

Meski masih menjadi petinggi Apple, Ive belakangan ini dikabarkan sudah tidak terlalu terlibat untuk urusan desain fisik hardware atau gadget, alias pensiun mendesain gadget. Ive memang masih mengurusi hal desain, tetapi lebih terkait soal arsitektur.

Baca: Jonathan Ive, Otak di Balik Keindahan Produk Apple

Ive dikabarkan lebih banyak menghabiskan waktunya mendesain kampus "UFO" Apple dan toko retail Apple. Ive dikatakan banyak bekerja dengan petinggi Apple di bidang retail, Angela Arhendts.

Informasi mengenai berkurangnya peran Ive dalam rancanan desain produk Apple sendiri dibeberkan oleh Jason Snell dalam sebuah wawancara. Snell merupakan pendiri dari situs media khusus Apple, SixColors.

Jika kabar itu benar, sebagaimana KompasTekno rangkum dari PhoneArena, Selasa (22/11/2016), kemungkinan besar desain gadget masa depan Apple sudah tidak diurusi lagi oleh Ive. Artinya, iPhone 8 bakal menjadi iPhone pertama yang tidak didesain oleh Ive. Patut ditunggu, desain perangkat selepas ini.

Ive sendiri dikabarkan bakal segera pensiun. Dugaan tersebut muncul setelah melihat Ive yang semakin jarang muncul di acara peluncuran. Ia juga jarang menghadiri acara peluncuran besar Apple, meski masih punya jabatan tinggi.

Ive sendiri merupakan desainer kawakan Apple. Desain-desain produk buatan Ive banyak mendapatkan pengakuan Steve Jobs, pendiri Apple yang terbilang cerewet untuk masalah desain. Ive dan Jobs sendiri memang bersahabat.

Baca: Kisah Jony Ive yang Takut Dipecat Apple

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com