Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 "Mannequin Challenge" Indonesia yang Harus Ditonton

Kompas.com - 23/11/2016, 11:37 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Tren mematung bak maneken alias Mannequin Challenge mewabah hingga ke Indonesia. Beberapa nama tenar seperti Raffi Ahmad, Aming, Jordi Onsu, Jessica Iskandar, hingga Syahrini turut membuat video yang durasinya berkisar 30 detik hingga satu menit.

Bukan cuma dari kalangan selebritas, Mannequin Challenge juga dilakukan institusi kepolisian, tim sepak bola, murid sekolah, dan kelompok-kelompok masyarakat lainnya.

Jika mencari "Mannequin Challenge Indonesia" di YouTube, Anda akan disodorkan sekitar 17.000 video yang terkait dengan kata kunci tersebut. Dari sekian banyak video yang berseliweran, KompasTekno memilihkan 5 Mannequin Challenge Indonesia yang harus Anda lihat.

Baca: Ini Asal-usul Video Mannequin Challenge

1. Satlantas Brebes


Mengambil latar kegiatan Sosialisasi Operasi Zebra Candi 2016, Satlantas Brebes unjuk gigi lewat Mannequin Challenge. Tak cuma melibatkan tim kepolisian, warga pun ikut serta dalam tantangan mematung bak maneken tersebut.

Video itu agaknya dirancang dengan matang, baik pada tahapan produksi dan pasca produksi. Kualitas gambar terlihat bagus, pengeditannya pun apik.

Yang terpenting, orang-orang yang terlibat dalam Mannequin Challenge ala Satlantas Brebes tampak konsisten dengan posisinya masing-masing. Ada pose polisi sedang menilang pendengara motor, mengarahkan pendaftaran kelengkapan, dan lainnya.

Lokasi operasi sendiri yang terletak di sepanjang jalan Veteran, Brebes, Jawa Tengah, tepatnya di depan Stadion Karangbirahi.

Hingga kini, video Mannequin Challenge Satlantas Brebes telah dilihat lebih dari 141.000 warga maya. Sebelumnya, sosialisasi terkait video itu disebarkan lewat akun Instagram @satlantasbrebes.

2. Tim Nasional Indonesia

 

#MannequinChallenge dari Tim Nasional Indonesia. Ntappss ????????

A video posted by PECINTA BOLA ANTI-BAPER (@jokesbolafc) on Nov 12, 2016 at 7:26pm PST


Tak mau kalah dengan Christiano Ronaldo dan Tim Portugal, Tim Nasional Indonesia pun merekam video Mannequin Challenge sekitar pekan lalu. Persiapan perekaman sepertinya dilakukan mendadak karena gambarnya kurang jernih.

Lokasinya pun sempit, hanya memanfaatkan sebuah lorong hotel. Para pemain kala itu seharusnya sedang bersiap untuk menghadapi Piala AFF 2016.

Meski terkesan tanpa persiapan, toh para penggawa Timnas Indonesia mampu mematung hingga Mannequin Challenge benar-benar selesai. Ada yang posenya seperti menelepon, mengobrol, hingga membersihkan karpet hotel.

3. Kru film Rafathar

 

#mannequinchallenge crew dan pemain @rafatharmovie hahaha kerenn, gokil2 lucuuu!!!....repost dari @missfazura ????????

A video posted by Raffiahmad Nagitaslavina1717 (@raffinagita1717) on Nov 15, 2016 at 7:39am PST


Segenap kru film Rafathar berkumpul di sebuah ruangan yang terkesan sempit. Jumlah mereka kira-kira lebih dari 20 orang, mulai dari pemain, camera person, dan asisten umum.

Ada yang seakan hendak menjatuhkan gelas, mengambil gambar, melihat hasil gambar, dan melakukan kegiatan lain yang umum dilakukan di lokasi syuting.

Semua kegiatan itu di-pause sehingga para kru tampak mematung bak maneken. Itulah Mannequin Challenge ala para kru yang disebarkan Raffi Ahmad ke akun Instagramnya. Hingga kini, lebih dari 500.000 netizen yang sudah melihatnya via Instagram.

Diketahui, Rafathar merupakan anak Raffi Ahmad. Sang bocah yang masih balita bakal dibuatkan film khusus.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com