Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

G5 SE Gagal di Pasar, LG Andalkan V20 di Segmen Premium

Kompas.com - 23/11/2016, 17:27 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - G5 SE pada awalnya sangat diandalkan oleh LG untuk melawan perangkat segmen premium dari merek lain. Namun, apa daya produk tersebut bisa dikatakan kurang sukses di Indonesia.

LG Indonesia memang tidak secara terang-terangan mengakui kegagalan tersebut. Namun, saat ditanya apakah sudah belajar banyak dari kegagalan G5 SE, pihak LG langsung menjawab dengan kata "iya".

Saat ditanya dengan menggunakan kata "kegagalan" pun, LG tidak mengoreksi kata-kata tersebut. LG langsung menjawab pertanyaan KompasTekno dengan mantap.

"Iya, kami belajar banyak dari LG G5 SE. Kami selalu belajar dari produk-produk sebelumnya," tutur Hee Gyun Jang, Head of Mobile Communications LG Electronics Indonesia kepada KompasTekno setelah acara peluncuran LG V20 di Jakarta, Rabu (23/11/2016).

LG G5 SE memang berbeda dari LG G5 versi standar. RAM-nya kapasitas 3 GB dan menggunakan chipset menengah, Snapdragon 652. Spesifikasi yang tidak sekuat G5 membuatnya kurang diminati. Meski begitu, LG mengaku akan terus memproduksi G5 SE di Indonesia.

Baca: Review: LG G5 SE, Kinerja Papan Tengah, Fitur Kelas Atas

Amunisi baru

LG pun menyiapkan "amunisi" baru untuk bertarung di pasar smartphone kelas atas di Indonesia. Perangkat tersebut adalah V20 yang resmi dirilis di Indonesia hari ini.

LG mengaku optimis V20 bakal lebih sukses ketimbang G5 SE. Salah satu alasannya, LG banyak belajar dari kegagalan yang disebutkan sebelumnya tadi. Selain itu, dari segi spesifikasi dan fitur, V20 dikatakan jauh lebih unggul dari G5 SE, sehingga perangkat baru itu diharapkan lebih menarik perhatian.

"Saya optimis V20 akan lebih baik dari G5 SE. Dari segi spesifikasi dan sudut pandang konsumen, V20 memang lebih unggul," kata Jang.

"Meski begitu, segmen keduanya memang berbeda. G5 SE ada sedikit di bawah segmen premium. Sementara V20 di segmen premium," imbuhnya.

Untuk ke depannya, LG mengaku sangat optimis memasarkan V20 di Indonesia. Optimisme itu muncul setelah berkaca dari pasar lain.

"Di Amerika Serikat dan Korea Selatan, (penjualan) V20 sangat positif. Di AS saja, V20 laku 200.000 unit dalam 10 hari," pungkas Jang.

Baca: Berapa Harga Smartphone LG V20 di Indonesia?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com