Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Paket "Streaming" Musik Smartfren dari Operator Lain

Kompas.com - 23/11/2016, 18:08 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Paket data khusus untuk streaming musik sebenarnya bukan hal baru dan sudah ditawarkan oleh banyak operator. Terbaru, Smartfren juga turut merilis paket yang sama. Lantas apa istimewanya?

Senior Vice President Digital Service Smartfren, Revie Sylviana mengatakan, Paket khusus streaming musik ini merupakan cara untuk memancing pengguna 2G/3G agar mau berpindah ke jaringan 4G LTE.

“Karena Smartfren sekarang sibuk migrasi dari CDMA ke 4G, jadi pengguna harus dikasih reason to use. Makanya paket musik ini unlimited, supaya mereka bisa nikmatin itu, untuk akuisisi (pengguna 3G ke 4G),” terang  Revie saat ditemui KompasTekno usai peluncuran Smartfren Music Unlimited di Jakarta, Rabu (23/11/2016).

Smartfren memang memberikan paket streaming musiknya tanpa batasan kuota. Pelanggan bisa membelinya sebagai paket tunggal atau sebagai paket tambahan (add-on) dari paket data yang sudah dibeli.

“Operator lain memang sudah punya, tapi mereka kan tidak unlimited. Dari aspek ini saja bisa menarik perhatian supaya pengguna mau pindah atau menggunakan 4G Smartfren,” imbuhnya.

Baca: Smartfren Rilis Paket Streaming Musik Tanpa Batas Kuota

Kenapa baru sekarang?

Saat ditanya, mengapa Smartfren baru merilis paket streaming musik sekarang, sementara operator seluler lain sudah memberikannya sejak lama, Revie pun memberikan penjelasannya.

Menuru Revie, tempo perilisan ini sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat oleh Smartfren, bukan karena terlambat. Smartfren sebelumnya sudah merilis paket data khusus video. Paket streaming musik ini adalah kelanjutan dari strategi akuisisi seperti disinggung di atas.

Menurut Revie, saat ini pelanggan Smartfren sudah mencapai 11 juta orang. Dari total tersebut, baru 4 juta saja yang sudah memakai layanan 4G. Sisanya merupakan pelanggan yang mesti dirayu agar mau pindah.

Berbagai strategi sudah disiapkan. Selain paket-paket data khusus, perusahaan juga membuat berbagai paket terkait perangkat genggam, hadiah, dan lain sebagainya.

Revie sendiri masih enggan untuk mengungkap detail spesifik mengenai rencana tersebut. Tetapi dia memastikan bahwa hingga Desember 2016, Smartfren masih akan meluncurkan program untuk memindahkan pengguna 2G/3G ke layanan 4G.

Sementara itu pada 2017 mendatang, menurut Revie, perusahaan akan mulai beralih fokus. Paket-paket yang dirilis akan ditiktikberatkan pada upaya mengakuisisi pelanggan dan meningkatkan jumlah pengguna 4G.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com