Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bill Gates Terima Penghargaan Tertinggi Warga Sipil AS

Kompas.com - 24/11/2016, 10:32 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber GeekWire

KOMPAS.com — Bill Gates, pendiri sekaligus mantan CEO Microsoft, beserta sang istri, Melinda Gates, mendapat penghargaan Presidential Medal of Freedom dari Presiden AS Barack Obama. Pengalungan medali penghargaan dilakukan di Gedung Putih, Selasa (22/11/2016) lalu.

Presidential Medal of Freedom merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Pemerintah AS kepada warga sipil negaranya. Penghargaan diberikan dengan mempertimbangkan jasa-jasa dan pengabdian yang telah dilakukan.

Bill dan Melinda Gates, sebagaimana KompasTekno rangkum dari GeekWire, Kamis (24/11/2016), mendapatkan penghargaan tertinggi warga sipil AS berkat yayasan sosial Gates Foundation. Melalui yayasan itu, keduanya dinilai turut meningkatkan national interest Amerika Serikat sebagai sebuah negara.

"Selama dua dekade, Gates Foundation telah menyediakan peralatan medis yang dibutuhkan jutaan orang, meningkatkan suplai air bersih, peningkatan pendidikan, kampanye perubahan iklim, memangkas angka kematian bayi menjadi setengahnya, dan masih banyak lagi," ujar Presiden Obama dalam pidatonya.

Baca: Mencatat Pakai Pulpen dan Kertas, Bill Gates Dikagumi Miliarder

Obama juga mengatakan, keduanya telah berdonasi dalam jumlah yang banyak dibandingkan dengan filantropis lain. Yayasan yang didirikan oleh Bill Gates juga mampu menggugah orang-orang kaya dunia lainnya untuk beramal.

Menurut laporan teranyar dari firma Wealth-X, kaum elite kini cenderung senang beramal lewat kegiatan-kegiatan filantropi. Hal ini tak lepas dari peran Bill Gates dengan yayasannya.

Selain Bill Gates dan istri, penerima Medal of Freedom lain tahun ini antara lain adalah pebasket Michael Jordan, aktor Robert De Niro, Tom Hanks, musisi Diana Ross, Bruce Springsteen, dan pembawa acara Ellen DeGeneres.

Baca: Berkat Bill Gates, Beramal Jadi Hobi Paling Diminati Miliarder

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GeekWire


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com