Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Sumber Informasi Alternatif Facebook

Kompas.com - 27/11/2016, 13:16 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Netizen yang terbiasa memakai media sosial sebagai pemberi pemberi referensi berita, sebaiknya mulai menyiapkan alternatif.

Pasalnya, media sosial sekarang menjadi sarana untuk menyebarkan berbagai berita yang tak terkonfirmasi kebenarannya. Salah satu yang belakangan ini menjadi sorotan adalah masalah berita bohong di Facebook.

Sejumlah laporan media mendokumentasikan bahwa jumlah berita bohong yang dibagikan di Facebook makin meningkat. Bahkan sempat muncul dugaan bahwa persebaran berita bohong di platfomr tersebut sampai mempengaruhi hasil Pemilihan Umum Presiden Amerika Serikat.

Baca: Algoritma Facebook Bikin Donald Trump Menangi Pemilu AS?

CEO Facebook Mark Zuckerberg sendiri telah berjanji akan melakukan sejumlah perbaikan. Antara lain memperkuat deteksi, pelaporan dan peringatan mengenai berita bohong.

Meski sudah ada persiapan demikian, tak ada salahnya netizen bersiap-siap dengan sejumlah alternatif. Setidaknya, alternatif tersebut bisa dipakai memperluas wawasan terhadap sebuah informasi.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mashable, Minggu (27/11/2016), berikut ini 7 alternatif yang bisa dipakai sebagai pengepul sekaligus referensi sumber berita.

1. Feedly

Ini adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk agregasi atau mengepul berita dari berbagai sumber resmi. Pengguna cukup memilih topik dan sumber yang ingin ditampilkan.

Selanjutnya, aplikasi akan mendata dan menyajikan berita baru secara real time. Pengguna pun bisa membagikan berita yang mereka temukan ke media sosial atau aplikasi pesan instan.

Klik tautan ini untuk mengunduh Feedly di Android, atau tautan ini untuk mengunduh di iOS.

2. Flipboard

Aplikasi ini serupa dengan Feedly. Fungsinya adalah untuk mengumpulkan berbagai berita yang beredar di situs oline.

Namuh Flipboard tidak bisa bekerja sendiri. Pengguna mesti memasangkannya dengan sumber berita di internet. Sumbernya sendiri bisa dipilih sesuai dengan preferensi penguna.

Klik tautan ini untuk mengunduh Flipboard di Android, atau tautan ini untuk mengunduh di iOS.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com