Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPad 2017 Jadi Gadget Apple Pertama Tanpa Tombol "Home"?

Kompas.com - 30/11/2016, 07:42 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Pekan lalu, Apple dikabarkan bakal merilis iPad teranyar dengan varian ukuran baru. Jika sebelumnya sudah ada iPad 7,9 inci, 9,7 inci, dan 12,9 inci, maka keluaran selanjutnya disebut-sebut berdimensi 10,5 inci.

Kini, satu lagi bocoran yang terkuak soal iPad tersebut. Menurut sumber dalam, Apple akan menghapus tombol home pada iPad 10,5 inci, sebagaimana dilaporkan GSMArena dan dihimpun KompasTekno, Rabu (30/11/2016).

Tombol home sendiri pada iPad biasanya terletak di sisi bawah layar. Posisinya pas di tengah dan berdisi sendiri tanpa ada teman tombol lainnya.

Jika informasi yang beredar benar, desain tanpa tombol home baru pertama kali diusung Apple pada perangkat mobile buatannya. Belum pernah ada iPad atau iPhone yang tak punya tombol home selama ini.

Sayangnya, sumber yang berasal dari Taiwan itu masih irit bicara tentang mekanisme kerja iPad tanpa tombol home. Beberapa orang memprediksi fungsi tombol home akan digantikan gestur tertentu atau tombol virtual.

Masih menurut sumber yang enggan membuka identitasnya, iPad 10,5 inci digadang-gadang bakal mengusung desain tanpa bezel alias bezelless.

Hal ini mungkin tak terlalu mengejutkan, sebab desain bezelless memang diramalkan akan jadi tren 2017. Bahkan, desain demikian diproyeksikan sebagai masa depan perangkat elektronik.

Selain soal ukuran, desain, dan tombol home, belum ada isu-isu lain terkait iPad terbaru. Spesifikasi dan fitur yang tertanam pada perangkat itu belum terendus.

Semua informasi yang beredar pun sejatinya tak bisa dipercaya 100 persen. Apple belum mau mengonfirmasinya, sehingga pengguna harus menunggu kebenarannya pada acara peluncuran iPad tersebut.

Menurut sumber, iPad 10,5 inci akan dirilis dalam sebuah acara yang digelar pada Maret mendatang. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com