Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera "Selfie" Galaxy S8 Dibekali Kemampuan "Autofocus"?

Kompas.com - 30/11/2016, 14:21 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Smartphone premium buatan Samsung selalu membawa fitur dan spesifikasi andal pada kamera utamanya. Berbagai teknologi canggih disematkan untuk menghasilkan foto yang mumpuni.

Namun, untuk kamera selfie, Samsung sudah lama berkutat pada sensor berkualitas 5 megapiksel. Padahal, vendor-vendor lain sudah berani mengeluarkan ponsel berkamera depan 16 megapiksel, bahkan 20 megapiksel.

Samsung agaknya akan mulai berlari untuk mengejar ketinggalan di ranah kamera selfie, setidaknya dengan penambahan kemampuan. Kabarnya, pabrikan Korea Selatan itu akan membenamkan fungsi autofocus pada kamera selfie Galaxy S8, sebagaimana dilaporkan Sammobile dan dihimpun KompasTekno, Rabu (30/11/2016).

Baca: Samsung Sulap Galaxy Note 5 Jadi Galaxy Note 7

Kemampuan autofocus sejatinya mempermudah pengguna untuk membidik foto dengan fokus yang tajam pada objek utamanya. Selama ini, autofocus sering ditemukan di kamera belakang.

Kamera selfie sendiri acap kali dibekali kemampuan pencarian fokus dengan menekan layar alias tap-to-focus. Mekanisme itu sebenarnya sudah cukup mudah. Barangkali itu yang menjadi alasan vendor lain tak membenamkan autofocus pada kamera selfie.

Selain kabar soal autofocus selfie, bocoran spesifikasi lain terkait kamera depan Galaxy S8 adalah sensor berkualitas 8 megapiksel dengan lensa wide-angle. Artinya, sensornya juga mengalami peningkatan.

Untuk kamera belakang sendiri, Galaxy S8 digadang-gadang menyematkan kamera 16 megapiksel dengan perekaman 4k dan dual LED Flash. Spesifikasi hardware lainnya yang digosipkan meliputi baterai 3.000 mAh, memori 32/64/128 GB dengan slot microSD, dan RAM 6 GB.

Berbagai bocoran itu tentu belum bisa dipercaya 100 persen. Kepastiannya baru bisa didapatkan pada acara peluncuran yang dijadwalkan pada Maret mendatang.

Baca: Ini Prediksi Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy S8

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SamMobile

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com