Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Acer Rilis 3 Laptop Chromebook di Indonesia, Harganya?

Kompas.com - 01/12/2016, 18:45 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Acer baru saja merilis laptop Chromebook (perangkat berbasis Chrome OS) di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan asal Taiwan ini langsung merilis tiga seri laptop sekaligus, yaitu 11, 14, dan R11.

“Hari ini kami merilis Chromebook 11 dan 14 yang bentuknya seperti laptop biasa, serta R11 yang bisa dilipat,” tutur Commercial Product Manager and Business Development Head Acer Indonesia, Riko Gunawan, di acara peluncuran tiga laptop itu, Jakarta, Kamis (1/12/2016).

“Tapi Chromebook ini kami untuk business to business, tidak kami jual di ritel. Sasaran utama kami merilis Chromebook ini memang untuk edukasi, jadi bukan untuk pengguna umum,” imbuhnya.

Menurut Riko, Chromebook ini sengaja diposisikan untuk pengguna di segmen edukasi atau sekolah-sekolah. Fitur dan software di dalamnya pun sudah diatur agar seusai untuk tujuan tersebut.

“Semuanya sudah memakai prosesor Intel. Di dalamnya juga bisa ditambahkan Google Management Console & Apps fo Education dan Acer Classroom manager. Ini untuk membantu program belajar mengajar,” kata Riko.

Dari ketiga laptop tersebut, yang paling canggih adalah Acer Chromebook R11. Pasalnya laptop ini berjenis convertible, dapat dilipat hingga 360 derajat dan menjadi tablet.

Ukuran R11 pun cukup kecil, layarnya berupa panel sentuh berukuran 11,6 inci dan bobotnya hanya 1,25 kilogram. Sedangkan untuk pemrosesan, Acer menyematkan prosesor Intel Celeron.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Acer Chromebooks 14

Berikutnya adalah Chromebook 14, yang memiliki layar berukuran 14 inci dengan resolusi Full HD (1920x1080 piksel). Selain itu, laptop ini memiliki prosesor Intel Celeron, RAM 4 GB, dan memori internal 32 GB.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Acer Chromebooks 11
Terakhir, Chromebook 11 yang memiliki layar 11,6 inci dengan resolusi HD (1366x768 piksel). Laptop ini dibekali dengan prosesor Intel Celeron, RAM 2 GB, dan memori internal 16 GB.

Soal harga, Chromebook R11 dibanderol Rp 4,799 juta, Chromebook 14 dijual Rp 3,999 juta, dan Chromebook 11 dilepas dengan harga Rp 3,399 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com