Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitbit Caplok Produsen "Smartwatch" Pebble?

Kompas.com - 02/12/2016, 08:09 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pabrikan wearable Fitbit dikabarkan hendak mencaplok produsen smartwatch Pebble. Informasi tersebut diumbar tiga sumber yang familiar dengan rencana akuisisi.

Menurut mereka, Fibit tertarik mengambil kekayaan intelektual Pebble, seperti sistem operasi dan hal-hal teknis lainnya. Sementara itu, brand Pebble disebut-sebut akan dihapus.

Belum jelas kapan negosiasi akuisisi akan dirampungkan dan diumumkan ke publik. Namun, proses tawar-menawar dikatakan tak alot.

Fitbit, kata sumber, mematok penawaran akuisisi dengan nilai kecil. Lantas, Pebble pun tak menuntut nilai besar karena sudah dalam keadaan terhimpit. Nilai itu sendiri belum diketahui nominal pastinya.

Diketahui, Pebble merumahkan 25 persen pegawainya pada awal tahun ini, sebagaimana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno, Jumat (2/12/2016).

CEO Pebble, Eric Migicovsky mengakui kondisi keuangan perusahaan sedang bermasalah. Duit operasional terus menipis menyusul penjualan produk yang flat.

Baca: Gelang Pintar Fitbit Lirik Indonesia

Migicovsky mengatakan pendanaan yang dihimpun sepanjang 2015 dan 2016 sebesar 26 juta dollar AS atau Rp 352 miliar. Angka itu tak longgar untuk membiayai segala keperluan rutin perusahaan.

Diketahui, Pebble menjadi fenomena pada 2012 lalu. Kala itu, kampanye produk smartwatch Pebble generasi pertama menjadi yang paling sukses di Kickstarter.

Selanjutnya Pebble meluncurkan smartwatch generasi penerus dengan beberapa inovasi. Namun, antusiasme yang diraup di awal nyatanya tak mampu bertahan di produk-produk berikutnya.

Kabar dari sumber dalam ini belum bisa dikonfirmasi kebenarannya hingga Fitbit dan Pebble benar-benar mengumumkan akuisisi.

Baca: Unboxing Pebble Time, Arloji Pintar Terlaris

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com