Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Dirilis, "Final Fantasxy XV" Ukir Rekor

Kompas.com - 04/12/2016, 08:44 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Polygon

KOMPAS.com - Final Fantasxy (FF) XV baru saja dirilis oleh Square Enix dalam hitungan hari. Meski begitu, game teranyar itu sudah mencetak rekor tersendiri, mengalahkan seri Final Fantasy sebelumnya.

Square Enix selaku pengembang game, telah menobatkan peluncuran FF XV pada 29 November lalu sebagai yang tersukses sepanjang sejarah franchise Final Fantasy. Total jumlah game yang terjual, baik itu kepingan blu-ray di toko retail atau unduhan digital dari toko virtual, diklaim telah mencapai angka 5 juta.

Jumlah tersebut diungkapkan langsung oleh Square Enix melalui akun resmi perusahaan di Twitter.


Kata "day one shipment" dalam pernyataan di atas sendiri dapat diartikan pengiriman atau penjualan ke toko retail, tidak ke konsumen. Namun, apabila dikombinasikan dengan angka unduhan, angka 5 juta yang disebutkan tetap saja sangat besar.

Lantas, apa yang membuat FF XV begitu sukses di pasaran? Sala satunya berasal dari tingginya hype game itu sendiri.

FF XV sendiri memang sudah diperkenalkan 10 tahun lalu. Pada tahun 2006 lalu, Squre memperkenalkan FF XIII Versus, yang akhirnya dirilis sebagai FF XV. Lamanya waktu penantian itu yang membuat hype dari game begitu tinggi.

Selain itu, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Polygon, Minggu (4/12/2016), waktu perilisannya yang langsung secara global membuatnya langsung terjual dengan jumlah yang tinggi. Sebelumnya, waktu perilisan di setiap wilayah memang sedikit berbeda, dengan Jepang terlebih dahulu kemudian diikuti negara-negara lain.

Promosi yang besar-besaran juga digelar oleh Square Enix. Sebelum game ini dirilis, perusahaan asal Jepang itu sudah menghadirkan film animasi baik di bioskop dan YouTube.

FF XV saat ini sudah tersedia di konsol PS4 dan XBox One.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Polygon
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com