Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna BlackBerry Masih Bisa WhatsApp-an hingga 2017

Kompas.com - 05/12/2016, 19:06 WIB
Deliusno

Penulis

UPDATE: Dalam posting-an di blog resminya, WhatsApp menuliskan dukungan terhadap BlackBerry (BB) OS dan BlackBerry 10 tetap ada hingga 31 Desember 2017.

KOMPAS.com — Berbeda dengan iPhone lawas, pengguna BlackBerry masih bisa bernapas sedikit lega. Pasalnya, pengguna perangkat bikinan perusahaan asal Kanada itu masih bisa memakai layanan pesan singkat WhatsApp hingga 2017 mendatang.

Dalam posting-an di blog resminya beberapa waktu lalu, WhatsApp memang menuliskan akan menunda waktu "kematian" aplikasinya di BlackBerry (BB) OS dan BlackBerry 10. Dukungan terhadap aplikasi tersebut akan tetap ada hingga 30 Juni 2017 mendatang.

Itu artinya, pengguna kedua OS tersebut masih bisa menikmati layanan WhatsApp hingga tanggal itu. Jika sudah lewat dari tanggal, WhatsApp sudah tidak bisa dinikmati lagi.

Tidak hanya BB OS dan BB10 yang mendapat perlakuan istimewa ini. Platform lain yang mendapatkan keputusan serupa adalah Nokia S40 dan Symbian S60.

Baca: WhatsApp Perpanjang Napas di BlackBerry OS dan BlackBerry 10

Pengguna perangkat tersebut lebih beruntung dari pengguna perangkat berbasis iOS 6, seperti iPhone 3GS dan iPhone 4. WhatsApp menyatakan sudah akan mengakhiri dukungannya pada akhir 2016.

Platform lain yang diwacanakan tak lagi bisa mengakses WhatsApp adalah Android 2.1, Android 2.2, dan Windows Phone 7.

"Beberapa platform tak memiliki kapabilitas yang kami butuhkan untuk mengekspansi fitur-fitur WhatsApp di masa depan," begitu alasan yang diberikan WhatsApp, seperti yang KompasTekno ambil dari blog resminya.

Bersamaan dengan itu, WhatsApp juga menganjurkan pengguna untuk memperbarui sistem operasi ke versi Android 2.3 ke atas, Windows Phone 8 ke atas, dan iOS 7 ke atas agar tetap bisa memakai layanan mereka.

Namun, bagi pengguna BlackBerry OS dan BlackBerry 10, tak ada pilihan lain untuk menggunakan WhatsApp. Jika merasa benar-benar butuh aplikasi tersebut dalam kehidupan sehari-hari, pengguna harus beralih ke platform lain sebelum pertengahan 2017 mendatang.

Baca: 10 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Wajib Diketahui

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com