Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasa Disabotase, YouTuber Terkaya Ancam Tutup Kanalnya

Kompas.com - 07/12/2016, 07:50 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Forbes

KOMPAS.com — Felix Kjellberg alias PewDiePie mencak-mencak dalam salah satu video yang diunggahnya minggu lalu. Sang YouTuber terpopuler itu merasa kanalnya sengaja disabotase oleh YouTube sehingga mengalami penurunan jumlah view dan subscriber.

"YouTube coba membunuh kanal saya. Ini jelas terjadi kalau Anda memperhatikan statistik analytics saya, semua menurun," keluh pria asal Swedia yang terkenal dengan sumpah serapahnya saat bermain game ini.

Saking kesalnya dia, Kjellberg bersumpah bakal menutup kanalnya saat jumlah subscriber telah mencapai 50 juta. Saat ini, kanal Kjellberg dengan nama akun PewDiePie tercatat memiliki lebih dari 49,6 juta pelanggan.

"Satu-satunya cara mencegah kanal saya sekarat, saya tahu Anda pikir saya bercanda, tetapi saya akan benar-benar menutup kanal saya," ujar Kjellberg, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Venture Beat, Rabu (7/12/2016).

Baca: Stres, YouTuber Terkaya Pensiun Sementara

Dalam sebuah video susulan, YouTuber terkaya dengan penghasilan mencapai 15 juta dollar AS setahun ini--menurut catatan Forbes--memaparkan tudingan "sabotase" yang dilontarkannya dengan lebih detail.

Dia menuduh YouTube telah sengaja mengubah mekanisme suggestion sehingga tidak menampilkan video-video lain yang dibikinnya ke hadapan subscriber. Walhasil, jumlah view video yang digaet dari fitur ini menurun tajam.

Baca: PewDiePie, Jadi Jutawan Cuma dengan Main Game

"Kalau ini dilakukan dengan sengaja dan YouTube meninggalkan konten berbasis kreator dan tokoh, jangan heran apabila tokoh-tokoh itu mulai meninggalkan YouTube," ancamnya.

Belum jelas apa yang bakal dilakukan Kjellberg apabila benar-benar menutup kanal YouTube miliknya nanti. Yang pasti, dia mengatakan tak bakal meninggalkan platform video sharing tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com