Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penuhi TKDN, Android Coolpad Fancy 3 Dirakit di Surabaya

Kompas.com - 08/12/2016, 13:35 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ponsel Coolpad Fancy 3 yang baru saja diliris di Indonesia sudah mendukung koneksi internet 4G. Hal itu dimungkinkan Coolpad berkat pemenuhan syarat tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) dengan cara membangun pabrik perakitan di Surabaya.

Sales Director Coolpad Indonesia, Kenny Chen mengatakan, dari fasilitas perakitan di Surabaya itu, Coolpad berhasil memperoleh TKDN sebesar 30 persen. Karena itulah pihaknya bisa menjual ponsel 4G di Indonesia.

“Kami sudah dapat TKDN 30 persen. Perakitannya di Surabaya sana, dengan Panggung (PT Panggung Electric Citrabuana),” ujar Kenny saat ditemui KompasTekno usai peluncuran Fancy 3 di Jakarta, Rabu (7/12/2016) malam.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Sales Director Coolpad Indonesia, Kenny Chen
Dia menambahkan, produksi secara lokal itu menurutnya sudah dimulai sejak Oktober 2016 lalu. Selain Fancy 3, berbagai jajaran ponsel Coolpad lain yang mengusung 4G pun telah dirakit di sana.

“Kapasitas produksi di sana 100.000 unit per bulan. Tapi kapasitas itu masih bisa ditambah kalau memang permintaan meningkat,” ujar Kenny.

“Tahun depan kami juga akan merilis lima atau enam perangkat lagi, dan semua dirakit di Surabaya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, seluruh produsen yang ingin menjual ponsel dengan dukungan 4G di Indonesia memang harus lolos aturan TDKN. Aturan tersebut mensyaratkan agar produsen gadget memenuhi TKDN sebesar 30 persen, mulai Januari 2017.

Bila tidak memenuhi persentase acuan itu, maka perusahaan dilarang memasukkan atau menjual ponsel dengan koneksi 4G di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com