Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Novel Indonesia Diangkat ke Bentuk “Virtual Reality”

Kompas.com - 11/12/2016, 16:17 WIB

KOMPAS.com -  Teknologi virtual reality (VR) di Indonesia sebentar lagi tidak hanya dapat dinikmati dengan bermain game, tetapi juga membaca buku.

Novel Man’s Defender karya Maisie Junardy dan Donna Widjajanto akan dibuat dalam bentuk VR pada Maret 2017.

Buku tersebut menceritakan Alex Rosetti, keturunan Indonesia-Italia, yang merasa terasing karena sering berpindah negara.

Ia berubah ketika berkenalan dengan Culture-Art Application and Simulation Interface (CAASI) dan bersahabat dengan gadis avatar bernama Viska.

“Pembaca akan melihat berbagai tempat unik di dunia yang dikunjungi Alex dan Viska, serta terjun ke adegan seru di buku dari balik kacamata VR,” kata Maisie, seperti dirangkum KompasTekno dari laman Antara News (11/12/2016).

Scoop Sampul novel Mans Defender versi digital di Scoop.
Bobby Arthawan dari Bilcom, pemimpin dan penasihat tim pembuatan buku VR tersebut, mengatakan versi VR akan diluncurkan pada saat yang bersama dengan buku fisik Man’s Defender.

Pengguna Android dan iOS perlu mengunduh aplikasi di gadget mereka dan memakai perangkat headset VR yang memiliki “gyro”.

Man’s Defender juga akan dapat digunakan di headset VR sederhana seperti Google Cardboard dengan mengoperasikannya secara manual melalui tombol yang ada di ponsel.

Man’s Defender, yang terbit dalam bahasa Indonesia dan Inggris, merupakan seri pertama dari “Distinguished-Trilogy”.

Menurut Bobby, buku VR juga akan dibuat trilogi, mengikuti cerita dalam novel. Man’s Defender kini sudah tersedia dalam bentuk buku digital dan bisa diperoleh di toko buku Scoop.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com