Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 10.2 Sudah Bisa Diunduh, Ini Fitur-fitur Barunya

Kompas.com - 14/12/2016, 10:41 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Setelah beberapa kali dirilis dalam bentuk beta untuk pengembang, Apple akhirnya meresmikan sistem operasi iOS versi 10.2. Pengguna iPhone, iPad, dan iPod Touch sudah bisa memperbarui perangkatnya dengan software teranyar melalui opsi pengaturan.

Seperti yang gencar disosialisasikan, iOS 10.2 membawa pembaruan yang signifikan dalam penjajalan perangkat-perangkat Apple. Selain kehadiran paket emoji baru, ada juga tiga tema baru, aplikasi TV (eksklusif di AS), dan masih banyak lagi.

Untuk emoji, iOS 10.2 memboyong lebih dari 100 ekspresi baru. Pengguna diharapkan makin leluasa mengobrol di ranah maya dengan memanfaatkan kategori emoji wajah, makanan, binatang, olahraga, dan profesi.

Pengguna juga sudah bisa memotret dalam format RAW. Format ini berfungsi untuk pengeditan yang lebih mumpuni karena menyimpan data yang lebih kaya dibanding format JPEG yang dikompresi.

Selain itu, pembaruan lainnya pada Photos meliputi kestabilan dan kecepatan dalam membuat Live Photos, peningkatan akurasi saat mengelompokkan foto-foto teman, serta ketepatan membedakan foto dengan screenshot pada fitur Memories.

Bagi yang ingin selalu update terkait berita-berita terkini, Apple menghadirkan tab "Saved" pada News. Fungsinya untuk menyimpan konten tertentu jika pengguna ingin membacanya di lain waktu.

Ada pula tab "For You" yang merupakan konten-konten terbaik dari saluran langganan pengguna. Dari segi antarmuka, News di iOS 10.2 lebih simpel karena pengguna cukup menggeser ke kiri untuk beranjak ke artikel lain.

Untuk selengkapnya, berikut hal-hal baru di iOS 10.2, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (14/12/2016) dari 9to5Mac.

1. Tiga tema baru yang tersedia khusus untuk iPhone 7 dan 7 Plus.
2. Widget baru untuk aplikasi Videos.
3. Paket emoji baru.
4. Efek layar "Celebration" pada Messages.
5. Opsi "Show Star Ratings" pada penyetelan Music.
6. Fitur SOS yang sama dengan Apple Watch ketika menekan tombol power sebanyak lima kali.
7. Kontrol "shuffle" dan "repeat" pada Music didesain ulang.

Untuk memperbarui sistem operasi, Anda cukup bertandang ke Settings, General, lalu Software Update. Cek tata cara yang aman untuk memperbarui sistem operasi di situs Support Apple. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com