Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Berikutnya Punya Stylus seperti Galaxy Note?

Kompas.com - 17/12/2016, 19:31 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - iPhone masa depan sepertinya bakal jadi pesaing kuat seri Galaxy Note buatan Samsung. Pasalnya, Apple baru saja mendaftarkan paten baru yang mengindikasikan dukungan Apple Pencil untuk iPhone yang lebih kurang seperti S Pen pada Galaxy Note.

Dari penjabaran patennya, Apple Pencil yang selama ini kurang ramah digunakan pada iPhone bakal lebih kompatibel. Layar iPhone akan lebih responsif terhadap sentuhan pensil digital.

"Dengan layar yang sensitif, pergerakan stylus (Apple Pencil) bisa dideteksi tanpa benar-benar saling bersentuhan," begitu tertera pada dokumen paten Apple, sebagaimana dilaporkan DigitalTrends dan dihimpun KompasTekno, Sabtu (17/12/2016).

Bukan tak mungkin Apple Pencil dikemas satu paket dengan iPhone layaknya seri-seri Galaxy Note. Jika benar demikian, Apple Pencil untuk iPhone benar-benar menjadi jawaban sang pabrikan Cupertino atas lini Galaxy Note yang sudah ada sejak beberapa tahun lalu.

Sebelumnya, dalam sebuah wawancara, CEO Apple Tim Cook pernah mengisyaratkan soal keseriusannya mengembangkan Apple Pencil untuk iPhone.

"Kalau Anda melihat apa yang bisa dilakukan iPhone atau iPad dengan pensil itu (Apple Pencil), Anda tak akan percaya," kata Cook.

Meski demikian, belum jelas apakah paten tersebut akan direalisasikan dalam waktu dekat atau masih akan jadi wacana dalam waktu lama. Untuk informasi lebih detail soal Apple Pencil tersebut, silakan buka tautan ini.

Diketahui, Apple Pencil adalah aksesori yang diperkenalkan Apple pada September 2015 lalu khusus untuk iPad. Jika nantinya direalisasikan untuk iPhone, artinya wasiat Steve Jobs lagi-lagi dilanggar.

Pasalnya, Jobs pernah mengindikasikan Apple tak akan membuat stylus, khususnya untuk iPhone yang berlayar kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com