Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Cairan Pembeku, Bagaimana Nasib Kamera GoPro?

Kompas.com - 18/12/2016, 16:07 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Duo kamera aksi Hero 5 Black dan Hero 5 Session dari GoPro memang dirancang supaya tangguh dan tahan dingin, tapi yang dilakukan oleh YouTuber bernama Grant Thompson ini agaknya sedikit keterlaluan.

Untuk menguji ketahanan dua kamera tersebut terhadap suhu dingin ekstrim, dia mencemplungkannya ke toples berisi nitrogen cair.

Liquid nitrogen memiliki suhu sangat dingin, mencapai minus 210 derajat Celsius sehingga bisa dibilang sebagai “cairan pembeku”. Apapun yang masuk ke dalamnya pasti langsung kaku.

Thompson mulai merekam video dengan kedua GoPro sebelum memasukkan kamera-kamera tersebut ke nitrogen cair. Kamera tetap direndam hingga 5 menit walaupun rekaman sudah terhenti. Dalam suhu sangat dingin, baterai lithium memang tidak bisa berfungsi dengan normal.

Saat dikeluarkan, kamera begitu dinginnya sehingga langsung diselimuti bunga es dari uap air yang ada di udara, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PetaPixel, Minggu (18/12/2016).

Keduanya perangkat tampak mengalami kerusakan fisik karena suhu dingin yang sangat ekstrim. Layar LCD Hero 5 Black membeku, sementara lapisan kaca pelindung lensanya copot. Begitu juga dengan tombol dan tutup belakang Hero 5 Session yang lepas begitu saja.

Data dalam memory card masing-masing kamera rusak karena suhu dingin. Keduanya menampilkan pesan berbunyi “SD card error”.

Ajaibnya, Hero 5 Black dan Hero 5 Session sendiri masih bisa merekam video seperti biasa. Layar LCD di depan dan belakang Hero 5 Black juga masih berfungsi meskipun sempat beku.

Penasaran? Video "eksperimen" Thompson di atas bisa disimak lewat tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com