Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi VSCO di iOS Dukung RAW dan Edit Foto

Kompas.com - 21/12/2016, 12:21 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Apple memperkenalkan dukungan editing foto format RAW di sistem operasi iOS 10. Perusahaan photo editing VSCO kini telah memanfaatkan kemampuan tersebut dengan meluncurkan fitur serupa di aplikasinya.

Dukungan RAW telah resmi tersedia di aplikasi VSCO versi terbaru (15.0) untuk perangkat iPhone tertentu, tepatnya iPhone 6, 6S Plus, 7, 7 Plus, dan SE yang menjalankan sistem operasi iOS 10.

Pengguna lima model iPhone itu kini bisa merekam, mengimpor, dan menyunting file foto RAW dalam format .DNG lewat aplikasi VSCO, seperti dirangkum KompasTekno dari Venture Beat, Rabu (21/12/2016).

VSCO Foto RAW bisa diedit dengan lebih bebas dibanding JPEG, misalnya dibuat jadi lebih terang (kanan) tanpa menghilangkan detil.
Foto RAW jauh lebih fleksibel untuk di-edit ketimbang file JPEG, karena tidak terkompresi dan masih menyimpan detail informasi gambar yang ditangkap oleh kamera.

Baca: iOS 10.2 Sudah Bisa Diunduh, Ini Fitur-fitur Barunya

“Dengan RAW, Anda bisa mengembalikan detail di highlights (area terang pada gambar) yang hilang, serta mengatur color balance dengan bebas,” terang VSCO dalam posting blog pengumuman.

Fitur lain yang turut ditambahkan dalam versi terbaru VSCO adalah preset “Film X” yang bisa diterapkan ke foto RAW. Tetapi, kemampuan ini hanya tersedia untuk para pelanggan VSCO X subscription atau berbayar.

VSCO menjadi aplikasi photo editing terbaru yang menambahkan dukungan RAW. Sebelumnya, aplikasi-aplikasi populer lain seperti Adobe Lightroom dan Snapseed telah lebih dulu memiliki fitur serupa.

Baca: 8 Aplikasi Edit Foto Terpopuler di Android

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com