Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ibu Diperingati Google dengan Doodle Sepatu

Kompas.com - 22/12/2016, 07:00 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Mesin pencarian Google menampilkan doodle unik hari ini, Kamis (22/12/2016). Tampak dua pasang sepatu, satu berukuran besar dan satu lagi berukuran kecil. Seperti sepatu seorang ibu dan putra/putrinya.

Doodle tersebut tak lain untuk memperingati "Hari Ibu", sebagaimana pantauan KompasTekno. Di Indonesia, hari spesial bagi perempuan tersebut diperingati secara nasional.

Tanggal 22 Desember sendiri ditetapkan sebagai Hari Ibu oleh Presiden Soekarno di bawah Dekret Presiden No. 316 thn. 1953, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia.

Baca: Mengapa Asep Sunandar Terpilih Jadi Google Doodle Hari Ini?

Sementara itu, di negara-negara lain seperti Amerika Serikat, Australia, Kanada, Jerman, Italia, dan Jepang, Hari Ibu diperingati pada Minggu kedua bulan Mei.

Mulanya, Hari Ibu dirayakan dengan membebastugaskan sang ibu dari berbagai tugas domestik. Selama satu hari, masyarakat diajak merenungkan betapa besar peran seorang ibu untuk anak, suami, dan lingkungan sosialnya.

Lalu seiring perkembangan zaman, perayaan Hari Ibu telah banyak dimodifikasi. Ada yang saling bertukar hadiah dan menyelenggarakan berbagai acara serta kompetisi, seperti lomba memasak dan memakai kebaya.

Pada dasarnya, esensi hari ibu tak jauh-jauh dari penghargaan pada sosok ibu dan kaum perempuan pada umumnya.

Baca: Berkenalan dengan Tukang Gambar Google Doodle

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com