Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Natal dan Tahun Baru, Trafik Data Tri Diprediksi Meningkat 70 Persen

Kompas.com - 23/12/2016, 08:51 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Operator seluler Tri menyatakan jaringannya siap menghadapi lonjakan trafik komunikasi selama Natal dan malam pergantian tahun baru. Menurut prediksi Tri, lonjakan paling besar adalah lalu lintas data.

"Tren yang terjadi selama 4 tahun terakhir adalah peningkatan data khususnya pada penggunaan over the top (OTT) messaging dan sosial media," ujar Desmond Cheung, CTO Hutchison 3 Indonesia, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (23/12/2016).

"Diperkirakan trafik OTT messaging dan sosial media akan meningkat hingga 70 persen (dibanding hari biasa)," imbuh Desmond.

Di hari biasa sendiri, di luar Hari Raya Natal dan Tahun Baru, trafik data yang ditampung oleh jaringan Tri mencapai sekitar 1.700-1800 terabyte (TB) per hari.

Tri telah mempersiapkan jaringan dan infrastruktur dan memastikan semua layanan dapat beroperasi dengan baik. Dengan itu, pelanggan Tri dapat tetap berkomunikasi dan akses internet menggunakan layanan 2G, 3G dan 4G, khususnya di kota-kota yang menjadi tujuan mudik dan wisata.  

Peningkatan kualitas jaringan juga telah dilakukan sepanjang jalur Pantura, jalur selatan, dan jalur penghubung lainnya.

Sementara itu, untuk antisipasi lonjakan trafik pada saat puncak malam pergantian tahun, peningkatan kapasitas juga telah dilakukan di ruang dan fasilitas umum seperti mal, terminal dan pelabuhan, bandara udara, dan stasiun kereta api.

Untuk menunjang peningkatan lonjakan ini, Tri juga menempatkan mobile BTS di pusat pusat keramaian perayaan Natal dan malam pergantian tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com