Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stop Kebiasaan Menghemat Baterai "Smartphone" seperti Ini

Kompas.com - 29/12/2016, 08:10 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com — Kebanyakan pengguna Android selama ini berpikir, membersihkan recent apps dapat membantu menghemat baterai smartphone. Jika Anda melakukan hal yang sama, sebaiknya segera stop kebiasaan seperti itu. Mengapa?

Recent apps merupakan daftar aplikasi yang telah atau sedang dipakai. Fitur ini bisa diakses melalui tombol menu di smartphone Android.

Sebagian besar pengguna Android beranggapan bahwa aplikasi yang masuk ke daftar tersebut terus bekerja dan menguras baterai.  

Padahal sebenarnya, aplikasi di recent apps berada dalam kondisi berhenti dan disimpan dalam memori (cache) ponsel. Tujuannya agar aplikasi yang pernah dibuka sebelumnya itu bisa dimuat lebih cepat saat dibuka kembali.

Oleh karena itu, menghapus recent apps di ponsel Android justru akan membuat baterai ponsel bekerja lebih keras dan cepat habis. Sebab, sistem akan membuka ulang aplikasi dari awal dan membutuhkan lebih banyak tenaga ketimbang menyalakan ulang atau mengakses memori yang disimpan.

Baca: Mengapa Baterai Lithium Meledak?

Dua cara menghemat baterai

Jika ingin menghemat baterai Android, sebaiknya tidak menggunakan metode menghapus recent apps seperti di atas. Ada dua cara yang bisa dilakukan pemilik ponsel Android, yaitu mengurangi notifikasi dan membatasi pemakaian data.

Dilansir KompasTekno dari Cnet, Kamis (29/12/2016), dua cara ini cenderung lebih efektif untuk mengurangi konsumsi daya baterai.

Untuk mengurangi notifikasi, non-aktifkan aplikasi-aplikasi yang sering mengirimkan notifikasi. Aplikasi tertentu, seperti media sosial, biasanya memberikan pilihan untuk mengatur agar notifikasi dikirimkan dalam interval waktu lebih lama.

Cara ini bisa membantu menghemat baterai karena mengurangi aktivitas sinkronisasi yang dilakukan di latar belakang sistem (background).

Sementara itu, untuk membatasi pemakaian data, buka panel yang berisi tabel konsumsi data di perangkat Android. Dari panel tersebut, pengguna bisa melihat aplikasi yang paling banyak memakan data.

Pilih aplikasi tersebut kemudian batasi atau hapus izin pemakaian data di background. Cara demikian akan melarang aplikasi untuk memakai koneksi internet secara otomatis. Baterai pun bisa menjadi lebih hemat.

Tentu saja, yang paling efektif adalah membawa power bank, sekaligus menerapkan kedua cara di atas. Dengan demikian, ponsel bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama, dan Anda tetap memiliki cadangan daya saat muatan baterai sudah habis.

Baca: 5 Penyebab Android Boros Baterai

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com