Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Berganti, Samsung "Bunuh" Semua Galaxy Note 7 di Malaysia

Kompas.com - 30/12/2016, 07:15 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Ubergizmo

KOMPAS.com - Sudah sejak Oktober lalu Samsung mengumumkan penarikan kembali Galaxy Note 7 karena rawan terbakar. Namun, hingga kini masih banyak Galaxy Note 7 yang belum dikembalikan dan masih beredar di masyarakat.

Untuk mencegah bahaya bagi pengguna, Samsung pun memutuskan untuk mulai mematikan atau "membunuh" perangkat Galaxy Note 7 secara remote. Pertengahan Desember, Galaxy Note 7 di Amerika Serikat mulai dimatikan lewat update software yang membuat perangkat itu tak bisa mengisi baterai.

Kini giliran para pemilik Galaxy Note 7 di Malaysia yang bakal segera mengalami nasib serupa. Sebuah notifikasi dilaporkan muncul di layar perangkat-perangkat Samsung pada minggu ini.

Baca: Masa Depan Samsung Ditentukan 6 Bulan Lagi

Lowyat.net Pesan tertulis yang muncul di handset Samsung di Malaysia, mengingatkan pemilik Galaxy Note 7 agar mengembalikan perangkatnya.
"Baterai Anda akan diturunkan hingga kapasitas nol persen pada pukul 9 malam (GMT +8), tanggal 31 Desember 2016. Mohon backup perangkat Anda untuk menghindari kehilangan data," bunyi pesan yang dilaporkan muncul di semua handset Samsung tersebut, seperti dirangkum KompasTekno dari UberGizmo, Jumat (30/12/2016).

Pesan hanya dimaksudkan bagi para pemilik Galaxy Note 7 saja, bukan model handset lain. Samsung masih membuka pintu buat pemilik Galaxy Note 7 di Malaysia untuk melakukan refund atau menukarkan perangkatnya dengan Galaxy S7 Edge.

Belum diketahui berapa banyak persisnya Galaxy Note 7 yang belum dikembalikan di seluruh dunia. Pada awal November, Samsung mengumumkan bahwa di AS saja masih terdapat lebih dari 200.000 unit Galaxy Note 7 di tangan konsumen.

Pengguna gadget di Indonesia tidak terlibat kericuhan soal Galaxy Note 7 karena perangkat tersebut keburu di-recall sebelum sempat beredar di pasaran Tanah Air. Meski begitu, Samsung tetap membuka pusat recall di sejumlah bandara Indonesia sebagai langkah preventif.

Baca: Galaxy Note 7 yang Tak Ditukar Bakal Diblokir Internetnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com