Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone "Made in India" Diproduksi April 2017?

Kompas.com - 31/12/2016, 15:10 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Apple dikabarkan mulai memproduksi iPhone di India per April 2017 mendatang. Hal tersebut guna memenuhi syarat kandungan lokal yang juga ditetapkan pemerintah India.

Di Indonesia, kebijakan serupa tertuang pada aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang disahkan pemerintah pada September lalu untuk diberlakukan mulai Januari 2017.

Kembali ke rencana Apple membuat iPhone "made in India", Wistron ditunjuk sebagai rekanan manufakturnya. Wistron merupakan pabrikan perangkat elektronik asal Taiwan yang selama ini turut menyuplai komponen untuk iPhone.

Menurut sumber dalam, Wistron sedang membangun pabrik perakitan iPhone di Penya, Bengaluru, India. Fasilitas produksinya sendiri ditargetkan rampung pada April mendatang.

"Bengaluru dipersiapkan secara serius," kata sumber yang enggan jika identitasnya diungkap, sebagaimana dilaporkan AppleInsider dan dihimpun KompasTekno, Sabtu (31/12/2016).

Baca: Pusat Riset Apple di Indonesia Didukung Foxconn?

Salah satu bukti penguat bahwa Apple serius dengan rencana iPhone "made in India" tampak pada situs resminya. Bulan ini, Apple membuka lowongan pekerjaan di Bengaluru.

Talenta yang dibutuhkan adalah Operations Program Manager (OPM), New Product Introduction (NPM), dan Product Quality Manager (PQM). Ditilik dari namanya, posisi-posisi itu tampaknya berhubungan dengan proses produksi perangkat.

Meski demikian, bocoran yang beredar belum bisa dipercaya 100 persen. Pasalnya, baik Wistron maupun Apple belum angkat bicara soal isu tersebut.

Bengaluru agaknya bakal menjadi markas Apple di Negeri Tirai Bambu. Pada Juli lalu, pabrikan Cupertino tersebut mengumumkan bakal membangun Akselerator Desain dan Pengembangan seluas 3.700 meter persegi.

Akselerator tersebut ditargetkan mulai beroperasi tahun depan. Fungsinya untuk membina dan mengakomodir para pengembang software lokal agar mampu membenamkan idenya pada sistem operasi Apple, yakni iOS, watchOS, dan tvOS.

Baca: Jalan Panjang Apple Jual iPhone di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com