Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resolusi 2017, Zuckerberg Ingin Keliling AS

Kompas.com - 04/01/2017, 11:05 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Facebook

KOMPAS.com - CEO Facebook, Mark Zuckerberg, berhasil memenuhi semua resolusinya sepanjang 2016. Ia telah berlari sejauh 365 mil, belajar Bahasa Mandarin, membaca 25 buku, dan terakhir membangun artificial intelligent (AI) personal untuk rumahnya.

Lantas, apa target Zuckerberg untuk 2017 ini? Lulusan Harvard University itu ternyata tak membuat daftar resolusi yang panjang seperti tahun lalu.

Ia cuma ingin mengobrol dengan orang-orang di setiap negara bagian di Amerika Serikat. Artinya, ia setidaknya akan melakukan kunjungan ke 50 tempat selama setahun.

"Saya berharap bisa membaur dan mengobrol dengan lebih banyak orang tentang bagaimana mereka hidup, bekerja, dan berpikir tentang masa depan," kata Zuckerberg di akun Facebook personalnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (4/1/2017).

Baca: Facebook Sebut Mark Zuckerberg Sudah Meninggal


Ia ingin mendengar suara dari orang-orang dengan latar belakang berbeda-beda. Ini berhubungan dengan hasratnya selama ini di bidang komunikasi dan teknologi.

Zuckerberg menggarisbawahi bahwa inovasi teknologi komunikasi bukan cuma soal kemudahan akses, namun efektivitas dan dampaknya bagi masyarakat.

"Selama berdekade, teknologi dan globalisasi telah membuat kita lebih produktif dan terkoneksi. Ada banyak manfaatnya, tapi mendatangkan tantangan bagi sebagian orang," ia menuturkan.

Salah satu yang dimaksud Zuckerberg adalah tenaga kerja. Menurut laporan White House, teknologi pintar seperti robot, AI, dan self-driving car, akan meningkatkan produktivitas. Tapi, di saat bersamaan, inovasi tersebut akan memberantas lapangan kerja, utamanya di level keterampilan rendah alias low-skilled.

Zuckerberg percaya dampak negatif tersebut bisa dipangkas. Maka dari itu, ia merasa perlu mendengar cita-cita, opini, dan harapan dari lebih banyak orang.

"Kita harus cari untuk mengubah aturan main (inovasi teknologi) sehingga dampaknya positif untuk semua orang," ia menjelaskan. Penjelasan selengkapnya tentang resolusi 2017 Zuckerberg bisa ditilik di sini.

Baca: Facebook Disebut Jadi Sarana Sebar Hoax, Ini Janji Zuckerberg

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Facebook
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com