Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video: Menjajal Zenfone AR di Las Vegas

Kompas.com - 07/01/2017, 19:05 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

LAS VEGAS, KOMPAS.com - Asus memperkenalkan seri smartphone Zenfone AR di ajang CES 2017 di Las vegas, AS, Kamis (1/5/2017) lalu.

Smartphone ini menjadi perangkat pertama Asus yang mendukung teknologi Augmented Reality (AR) Tango yang ditetapkan oleh Google. Smartphone pertama dengan kemampuan Tango adalah Lenovo Phab 2 Pro yang dirilis pertengahan 2016 lalu.

Meski menjadi yang kedua, Asus memberi perbedaan kepada Zenfone AR dengan menambah dukungan terhadap platform headset Virtual Reality (VR) Google, Daydream. Dengan demikian, Zenfone AR menjadi smartphone pertama di dunia yang berkemampuan AR dan VR.

Baca: Asus Rilis Zenfone AR, Android RAM 8 GB Pertama di Dunia

Karena sama-sama mendukung platform Tango dari Google, maka sistem kamera yang dimiliki Zenfone AR sama dengan yang diusung Lenovo Phab 2 Pro. Keduanya mengusung tiga kamera di belakang yang masing-masing berfungsi sebagai kamera utama (resolusi 23 megapiksel), kamera sensor gerakan, dan kamera sensor laser untuk mengukur kedalaman bidang.


Dari segi hardware, sebagaimana dilaporkan jurnalis Kompas.com Reska Nistanto langsung dari ajang CES 2017, Zenfone AR mengusung chipset Snapdragon 821 dengan RAM 8 GB. Kapasitas RAM 8 GB ini juga diklaim sebagai yang pertama di dunia yang ada di pasar smartphone saat ini. Terdapat dua slot SIMcard di dalam smartphone ini.

Inovasi lain yang disertakan Asus ke dalam Zenfone AR adalah sistem pendinginan uap air (vapor) yang disalurkan melalui pipa kecil di dalam hardware smartphone.

Sistem pendinginan ini menjaga agar CPU dan GPU bekerja secara efisien meski bebannya tinggi. Diharapkan, dengan semakin efisien kinerja CPU dan GPU, maka konsumsi baterai juga bisa ikut dihemat.

Selain itu, masih ada fitur pemindai sidik jari yang disematkan di tombol Home di bagian depan di bawah layar. Konektivitas yang dimiliki juga sudah standar USB Type-C yang kian banyak dipakai smartphone-smartphone premium.

Zenfone AR mengusung layar Super Amoled ukuran 5,7 inci dengan resolusi WQHD dengan rasio screen-to-body 79 persen. Bagian panel belakangnya dilapisi oleh kulit sehingga terkesan eksklusif dan tidak licin saat dipegang. Baterai yang diusung berkapasitas 3.300 mAh dan tidak bisa dilepas.

Baca: Melihat Asus Zenfone AR dan Zenfone 3 Zoom dari Berbagai Sudut

KompasTekno berkesempatan melihat Zenfone AR dari dekat dan menjajalnya. Berikut adalah videonya:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com