Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone Android Nokia 6 Resmi Dirilis, Harganya?

Kompas.com - 09/01/2017, 07:06 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber HMD global

KOMPAS.com - Setelah beberapa bulan ditunggu-tunggu, HMD Global akhirnya resmi merilis smartphone Android Nokia teranyar, yakni Nokia 6. Sayangnya, untuk sementara ponsel itu eksklusif dirilis untuk pasar China saja.

"Pasar China adalah yang terbesar dan paling kompetitif untuk smartphone. Bukan kebetulan kami memilih membawa ponsel Android pertama kami ke China bersama rekanan untuk jangka panjang (Nokia)," kata Vice President Greater China HMD Global, Nestor Xu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs resmi HMD Global, Senin (9/1/2017).

Ponsel itu berukuran phablet 5,5 inci dengan kualitas Full HD (1.080 x 1.920). Seperti ponsel premium yang meluncur akhir-akhir ini, Nokia 6 mengusung layar melengkung 2.5D Gorilla Glass bikinan Corning.

Jeroannya mengandalkan Snapdragon 430 dan sistem operasinya sudah Android Nougat 7.0. Beberapa spesifikasi lainnya mencakup RAM 4 GB, memori internal 64 GB, kamera 16 megapiksel (belakang) dan 8 megapiksel (depan), serta audio Dolby Atmos dengan amplifier ganda.

Baca: Ada 5 Android Nokia yang Bakal Dirilis 2017

Idealisme tinggi

Proses penggodokan elemen-elemen pada Nokia 6 diklaim sangat idealis, salah satunya untuk tampilan layar. HMD Global mengklaim layar Nokia 6 disusun beberapa lapisan dan terakhir dilaminasi dengan layer yang terpolarisasi.

Alhasil, tampilan layarnya akan tetap cerah meski di bawah sinar matahari. Pengguna bisa membaca atau menonton video dengan nyaman di semua kondisi cahaya.

Selain itu, HMD Global juga sesumbar soal pembuatan tubuh Nokia 6 di pabrik Foxconn. Menurut perusahaan asal Finlandia tersebut, butuh 55 menit untuk menyatukan 6.000 macam aluminium menjadi struktur awal sebuah unit Nokia 6.

Selanjutnya, ada dua proses penganodaan secara terpisah yang memakan waktu lebih dari 10 jam. Masing-masing proses akan difinalisasi dengan pemolesan tak kurang dari lima kali.

"Hasil akhirnya adalah desain unibody yang terbuat dari aluminium dengan level tertinggi pada kualitas visual dan struktural," begitu tertera pada situs HMD Global.

Nokia 6 akan dijual pertama kali di China lewat situs JD.com pada semester pertama 2017. Harganya 1699 yuan atau setara Rp 3,2 jutaan. HMD Global memastikan Nokia 6 akan disusul ponsel-ponsel berikutnya sepanjang 2017.

Meski demikian, HMD Global belum mengungkap tanggal pasti peluncuran tersebut. Tak dijelaskan pula apakah Nokia 6 bakal dirilis pula di negara-negara lain di kemudian hari.

Diketahui, pada Mei lalu, unit bisnis ponsel Nokia dialihkan ke FIH Mobile dari Microsoft. FIH tak lain adalah anak usaha raksasa perakit smartphone, Foxconn. Dalam waktu berdekatan, Nokia juga mengumumkan telah melisensikan properti intelektual mereka berikut merek "Nokia" ke perusahaan baru, HMD Global.

HMD Global dan FIH Mobile sudah bersinergi dan membagi peran masing-masing. HMD merancang mobile gadget di bawah bendera Nokia, sementara produksinya diserahkan ke FIH. Nah, FIH dan HMD-lah yang memikul beban untuk mengembalikan kejayaan Nokia di industri ponsel.

Baca: Jalan Berliku Ponsel Nokia untuk Kembali Berdering

-------------------------------------------------------------------
Follow Twitter @KompasTekno dan Facebook KompasTekno agar tidak ketinggalan berita-berita teknologi terbaru.
-------------------------------------------------------------------

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber HMD global
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com