Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sorakan 10 Tahun yang Lalu saat iPhone Pertama Kali Diperkenalkan

Kompas.com - 09/01/2017, 15:44 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Selasa, 9 Januari 2007, merupakan tanggal yang tidak akan pernah dilupakan oleh Apple, bahkan warga dunia. Kala itu, perusahaan pembuat komputer Mac memperkenalkan iPhone, sebuah smartphone yang akhirnya mengubah industri.

iPhone diperkenalkan langsung oleh Steve Jobs, sang pendiri Apple, di sebuah ajang tahunan (kala itu) bernama MacWorld tepat 10 tahun lalu. 

Saat itu, di atas panggung, Jobs mengatakan bahwa iPhone akan "menemukan kembali arti sebuah telepon". Pengunjung yang menghadiri konferensi MacWorld di San Francisco, California, menyambut dengan tepuk tangan meriah.

Baca: Meroketnya Harga iPhone Generasi Pertama

iPhone merupakan ponsel pintar yang dapat melakukan panggilan telepon, terhubung ke internet, menerima e-mail, dan mendengarkan musik.

Jobs mendeskripsikan perangkat ini sebagai produk three-in-one, sebuah iPod (pemutar musik) dengan layar sentuh, telepon mobile yang revolusioner, dan perangkat internet penggebrak.

Jobs juga memperlihatkan cara navigasi yang sangat berbeda saat. Ia membuka iPhone dengan cara menggeserkan jari dari kiri ke kanan, lalu menggulirkan layar dengan cara menyapu jari dari atas ke bawah.

Penonton bersorak, “Oooh,” mengapresiasi inovasi Apple dalam membuat cara navigasi ponsel yang begitu intuitif.

iPhone dianggap telah mengubah wajah industri ponsel pintar. Produk ini juga membawa Apple menjadi perusahaan paling berharga di dunia.

Baca: Jalan Panjang Apple Jual iPhone di Indonesia

Ingin nostalgia melihat suasana peluncuran iPhone 10 tahun lalu? Berikut video perkenalan iPhone generasi pertama oleh Steve Jobs:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com