Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Yahoo Berganti Nama Menjadi Altaba?

Kompas.com - 10/01/2017, 10:41 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Awal pekan ini, Yahoo mengumumkan rencana perubahan anggota dewan direksi sekaligus perubahan nama menjadi Altaba. Hal tersebut menimbulkan kebingungan soal nasib Yahoo pasca akuisisi oleh Verizon.

Apakah perusahaan ini benar-benar berganti nama menjadi Altaba? Bagaimana dengan aneka layanan populer seperti Yahoo Mail, apakah akan terus eksis?

Saat Verizon mengumumkan rencana akuisisi Yahoo senilai 4,8 miliar dollar AS pada Juli lalu, operator seluler AS ini hanya berminat membeli unit-unit bisnis internet milik Yahoo saja, seperti e-mail, Yahoo News, dan Sports.

Di luar unit bisnis utama itu, Yahoo masih memiliki aneka aset lain, termasuk saham 15 persen di raksasa e-commerce Alibaba, saham 35 persen di Yahoo Japan, cadangan kas, dan portfolio paten yang tidak ikut dibeli oleh Verizon.

Nah, entitas yang menaungi aset-aset lain inilah yang kemudian berubah nama menjadi Altaba. Fungsinya tak lebih dari sekadar investment company yang memayungi kepemilikan atas aset-aset tadi.

Baca: Marissa Mayer Lepas Jabatan di Yahoo

Alternate Alibaba

Nama “Altaba” sendiri, menurut laporan yang dirangkum KompasTekno dari The Washington Post, Selasa (10/1/2017), merupakan gabungan dari kata “alternate” dan “Alibaba”, mengacu kepada sebagian kepemilikan Yahoo atas Alibaba.

Dengan kata lain, akuisisi Verizon atas Yahoo membelah perusahaan tersebut menjadi dua entitas, yakni Yahoo berisi unit bisnis yang dibeli Verizon, dan Altaba yang memiliki sisa aset Yahoo.

Jumlah anggota dewan direksi turut dikurangi menjadi setengahnya karena tidak diperlukan oleh Altaba yang tak memiliki produk.

Salah satu orang yang tak lagi menjadi anggota dewan direksi adalah CEO Yahoo Marissa Mayer. Namun, dia masih bisa ditunjuk menjadi pimpinan Yahoo saat akuisisi oleh Verizon telah rampung pada Maret mendatang.

Produk-produk internet dari Yahoo sendiri, seperti seach engine, blog, dan aneka layanan online lain, bakal terus eksis dan kemungkinan akan tetap memakai nama “Yahoo” saat sudah berada di bawah kepemilikan Verizon.

Baca: Yahoo Ganti Nama Jadi Altaba?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com