Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viki, Saingan Siri dari Nokia

Kompas.com - 12/01/2017, 12:17 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com — Sejumlah perusahaan teknologi kini telah menawarkan teknologi digital assistant berbasis artificial intelligence (AI), seperti Siri besutan Apple, Cortana dari Microsoft, dan Alexa bikinan e-commerce Amazon.

Nokia agaknya tak mau ketinggalan dalam urusan ini. Divisi networking dari sang mantan pabrikan ponsel legendaris itu belakangan diketahui telah mengajukan trademark untuk teknologi serupa bernama "Viki".

Dokumen aplikasi merek dagang menyebutkan bahwa Viki merupakan "asisten dengan pengetahuan digital yang mampu menggabungkan semua sumber data dalam satu obrolan dan antarmuka berbasis suara".

Turut disebutkan pula bahwa Viki nantinya bisa dipakai di perangkat mobile dan situs jejaring, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Kamis (12/1/2017).

Baca: Nokia 6 Tandai Kebangkitan Nokia di Industri "Smartphone"

Selain informasi di atas, belum banyak yang diketahui tentang Viki. Seorang juru bicara mengakui bahwa pihaknya memang mengajukan aplikasi trademark atas Viki, tetapi bungkam ketika ditanya lebih lanjut.

"Kami tak berkomentar tentang kemungkinan atau waktu pemakaiannya di produk atau layanan Nokia," ujar sang juru bicara.

Dari deskripsinya, kemungkinan besar Viki nanti akan mengikuti jejak kawan-kawannya sesama digital assistant, dalam hal menyediakan layanan digital berbasis AI lewat antarmuka suara.

Ada juga kemungkinan bahwa Viki akan nongol di ponsel-ponsel Android baru Nokia yang kini mulai bermunculan, seperti yang ditandai dengan pengumuman Nokia 6 di China beberapa hari lalu.

Baca: Pakai Android Nougat, Nokia 6 Secanggih Apa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com