Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Ingin Ubah Cara Konsumsi Berita Pembaca

Kompas.com - 12/01/2017, 16:31 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Facebook

KOMPAS.com — Pada awal 2017 ini, Facebook mengenalkan proyek baru yang diberi nama Facebook Journalism Project. Melalui program ini, perusahaan jejaring sosial tersebut dikatakan ingin mengubah cara pengguna mengonsumsi berita di Facebook.

Dalam pengumuman resminya di situs Facebook, seperti dikutip KompasTekno, Kamis (12/1/2017), program ini bertujuan menciptakan jalinan yang kuat antara Facebook dan industri media.

Proyek ini memberikan tiga pendekatan untuk berita-berita yang dibagikan lewat Facebook terkait cara membuat dan mengonsumsi berita.

Baca: Begini Cara Facebook Bikin Karyawannya Tutup Mulut

Pertama, akan ada produk berita yang dibuat secara kolaboratif. Produk-produk Facebook dan tim engineering akan saling terhubung untuk membuat format baru cara menceritakan berita, memproduksi berita-berita lokal, membuat model bisnis baru bagi penerbit, dan sebagainya.

Kedua, Facebook juga berjanji memberikan pelatihan dan tools baru bagi jurnalis, termasuk kursus e-learning untuk produk-produk Facebook, tool, dan layanan yang ditujukan bagi anggota media.

Sementara itu, yang ketiga, proyek Journalism Project ini diharapkan bukan hanya bermanfaat bagi jurnalis saja, melainkan juga pembaca.

Facebook akan membuat cara baru menyajikan informasi kepada penggunanya sehingga mereka bisa memilih berita-berita apa yang ingin mereka baca dan menciptakan perbincangan bermanfaat tentang topik yang mereka sukai.

"Ini baru usaha awal kami dalam hal jurnalisme, masih banyak lagi yang akan kami lakukan," ujar Fidji Simo, Director of Product di Facebook.

Baca: Facebook Sensor Foto Patung Telanjang Bersejarah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Facebook

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com