Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HTC U Ultra Resmi Bawa Kamera Selfie 16 MP dan "Dosa" iPhone 7

Kompas.com - 13/01/2017, 08:23 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber HTC

KOMPAS.com - HTC meresmikan smartphone Android high-end bertajuk U Ultra. Keunggulannya terletak pada asisten digital yang dinamai Sense Companion dan kemampuan Ultra Selfie dengan kamera 16 MP.

Selain dua keunggulan itu, HTC U Ultra ternyata membawa "dosa" iPhone 7. Sama seperti iPhone teranyar tersebut, HTC U Ultra menghapus port jack 3.5 mm untuk memasang earphone. (Baca: Mengapa iPhone 7 Tak Punya Jack Audio?)

Sebagai gantinya, earphone pada kotak kemasan akan terhubung dengan port USB-C yang sekaligus berfungsi mengecas ponsel dan mentransfer data.

Asisten Sense Companion dirancang untuk mempelajari kebiasaan pengguna. Asisten itu bisa mengingatkan untuk membawa powerbank ketika hendak berlibur.

Sense Companion juga akan merekomendasikan restoran yang sesuai selera, serta menawarkan pilihan buku yang cocok menemani waktu santai. Data yang direkam Sense Companion berasal dari penjajalan aplikasi sehari-hari pengguna.

Namun, fitur ini tak tersedia secara default, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (13/1/2016), dari situs resmi HTC. Pengguna harus mengunduhnya sendiri di HTC Ultra U dan baru tersedia dalam beberapa bulan ke depan.

Kemampuan Sense Companion dipadankan dengan fitur pengenal suara alias voice-recognition yang terbenam dalam ponsel. Pengguna cukup menggunakan suara untuk membuka ponsel, mengangkat atau menolak telepon, menunda atau menghentikan alarm, dan melakukan navigasi sederhana lainnya.

Soal kamera, HTC U Ultra meminjam spesifikasi dari HTC 10 dengan bukaan f/1.8, sensor 12 megapiksel, dan teknologi OIS pada kamera belakang.

Kemampuan selfie-nya disebut "Ultra Selfie" karena bisa dipilih antara mode standar atau mode Ultra Pixel.

Dengan mengandalkan kamera depan 16 megapiksel, pengguna bisa mengambil selfie yang tajam pada kondisi cahaya normal. Lantas, untuk suasana remang-remang saat candle light dinner, mode Ultra Selfie bisa diaktifkan dengan sensitivitas cahaya 4 kali lebih tinggi.

"Kamera selfie pada HTC U Ultra mempermudah pengguna mengganti antara kamera standar 16 megapiksel dengan Ultra Pixel," begitu tertera pada situs.

Dari segi spesifikasi, HTC Ultra sedikit banyak mencontoh LG V20. Ponsel tersebut mengusung layar 5,7 inci dengan tampilan Quad HD. "Jeroan"-nya dipercayakan pada Snapdragon 821, belum Snapdragon 835 yang digemborkan tersemat pada ponsel-ponsel flagship keluaran 2017.

Ada dua pilihan memori internal yang diberikan, yakni 64 GB dan 128 GB. Keduanya disandingkan dengan RAM 4GB. Baterainya sendiri cuma 3.000 mAh yang terbilang kecil untuk perangkat 5,7 inci.

Keunggulan lain dari HTC U Ultra ada pada layarnya yang berlapis kaca safir. Namun, varian berlapis kaca safir baru akan tersedia di pasaran pada akhir 2017 nanti.

Varian yang tersedia dalam waktu dekat cuma berbalut kaca biasa dengan warna bodi yang cerah, yakni biru, pink, putih, dan hitam.

U Ultra mulai tersedia di pasaran pada pertengahan Maret 2017, meski tanggal pastinya belum diumbar ke publik. Harganya dipatok 749 dollar AS di Amerika Serikat atau setara Rp 9,9 jutaan. Selain U Ultra, HTC juga merilis lini U Play yang memiliki spesifikasi untuk pasar mid-range.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber HTC

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com