Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dicabut, Larangan Bawa Galaxy Note 7 ke Pesawat

Kompas.com - 13/01/2017, 09:12 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Kasus baterai Galaxy Note 7 yang mudah terbakar sempat membuat otoritas penerbangan Amerika Serikat, FAA kerepotan.

Otoritas penerbangan tersebut sampai mewajibkan maskapai melarang Galaxy Note 7 dibawa masuk ke pesawat udara, baik sebagai barang yang ditenteng atau bagasi tercatat (checked-in baggage).

Namun kini, himbauan itu resmi dicabut oleh Federal Aviation Administration (FAA). Hal itu menyusul klaim Samsung yang mentakan bahwa 96 persen perangkat Galaxy Note 7 yang diedarkan sebelumnya telah dikembalikan. (Baca: Usaha Samsung Lenyapkan Galaxy Note 7 Mendekati Final)

Dengan alasan itu, FAA mencabut aturan yang mewajibkan maskapai penerbangan di AS membuat pengumuman larangan Galaxy Note 7 sebelum boarding.

Besar kemungkinannya aturan ini bakal diikuti oleh negara-negara lain, termasuk Indonesia. Hal ini mengingat FAA adalah otoritas penerbangan yang banyak diikuti dan menjadi acuan oleh otoritas penerbangan negara-negara lain di dunia. (Baca: AirAsia dan Garuda Indonesia Larang Penumpang Bawa Galaxy Note 7)

Sebelumnya, saat kasus baterai Galaxy Note 7 terbakar pertama kali muncul pertengahan 2016 lalu, FAA hanya melarang pengguna mengoperasikan atau menyalakan Galaxy Note 7 di kabin pesawat.

Namun menyusul insiden yang terjadi dalam penerbangan maskapai Southwest pada Oktober 2016 lalu, FAA resmi melarang Galaxy Note 7 dibawa masuk ke pesawat, baik sebagai barang tentengan atau bagasi tercatat.

Samsung sendiri mengklaim dikembalikannya 96 persen unit Galaxy Note 7 yang sempat beredar adalah hasil upayanya bersama dengan operator seluler.

Samsung bekerja sama dengan operator tersebut tak hentinya mengirim pesan SMS yang berisi himbauan untuk menukar Galaxy Note 7.

Di samping itu, Samsung juga berupaya melalui cara lain, seperti update software firmware yang membatasi kapasitas daya baterai Galaxy Note 7.

Bahkan, Samsung sampai merilis update firmware yang bisa "melumpuhkan" Galaxy Note 7, sehingga tidak bisa dipakai lagi oleh pengguna.

Baca: Jatuh dan Tertimpa Tangga, Rangkuman Masalah Galaxy Note 7

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com