Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edit Foto di Photoshop Bakal Bisa Pakai Suara

Kompas.com - 16/01/2017, 07:42 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Di masa yang akan datang, Anda cukup memberi perintah suara saja maka Photoshop akan mengedit gambar sesuai permintaan.

Saat ini Adobe, perusahaan pembuat software editing Photoshop, sedang mengerjakan software asisten digital yang bisa menerjemahkan suara menjadi perintah mengedit foto. Jika ini semua sudah terwujud, Anda mungkin tak akan perlu lagi menghafal berbagai kombinasi tombol pemintas edit foto lagi.

Sederhananya, bayangkan saja Anda sedang meminta Siri, asisten digital buatan Apple, untuk melakukan sesuatu. Tapi kali ini, permintaan Anda adalah seputar crop, memutar perspektif foto, gelap-terang, dan sejenisnya.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Senin (16/1/2017), proses pembuatan konsep ini dikerjakan oleh Adobe Research, divisi penelitian dan pengembangan di bawah Adobe.

Baca: Rekaman Suara Pun Bakal Bisa Di-Photoshop”

Mereka juga sudah membuat sebuah video yang digunakan sebagai proof of concept. Dalam video yang dimaksud, terlihat seorang pria menekan tombol mikrofon di aplikasi pengedit foto.

Berikutnya, pria tersebut cukup bersuara memerintah asisten digital untuk membalik perspektif foto. Dan tanpa sentuhan tangan, perspektif foto tersebut langsung berubah.

Contoh tindakan yang ada di video itu memang masih sederhana. Tapi bayangkan nanti, saat pengembangan sudah selesai dan berbagai proses edit foto yang lebih rumit bisa dikerjakan secara otomatis oleh asisten digital. Tentu hasilnya bisa jadi sangat mengagumkan.

Konsep dan video yang dipamerkan oleh Adobe ini merupakan langkah pertama untuk mewujudkan asisten digital itu. Tentu saja perwujudannya nanti masih belum jelas dan butuh waktu panjang.

Konsep itu bisa juga gagal, namun bukan tidak mungkin terwujud. Pengguna cukup menunggu saja hingga pengumuman berikutnya.

Baca: LG Pamer Kulkas yang Bisa Diperintah Pakai Suara

Di bawah ini, Anda bisa melihat video proof of concept proses edit foto menggunakan suara.  Anda juga bisa klik tautan ini untuk melihatnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com