Pesan Uber Bisa Langsung dari Google Maps - Kompas.com

Pesan Uber Bisa Langsung dari Google Maps

Fatimah Kartini Bohang
Kompas.com - 16/01/2017, 16:09 WIB
Google Pesan kendaraan Uber bisa langsung dari aplikasi Google Maps.

KOMPAS.com - Netizen kini bisa memesan kendaraan Uber via Google Maps. Hal ini dimungkinkan kerja sama lebih lanjut antar aplikasi peta digital dan aplikasi ride-sharing tersebut.

"Dengan integrasi ini, Anda bisa memesan, menuntaskan perjalanan, dan membayar Uber tanpa beranjak dari Google Maps," kata Senior Product Manager Google, Sara McKinley Torti, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (16/1/2017) dari blog resmi Google.

Pembaruan ini sendiri diluncurkan bertahap sejak 12 Januari lalu untuk pengguna Android. Namun, belum semua pengguna bisa menikmatinya hingga sekarang.

Untuk mengetahui apakah Anda termasuk orang awal yang mendapatkan pembaruan ini, segera perbarui aplikasi Maps di toko aplikasi Play Store. Lantas, masuklah ke aplikasi Maps seperti biasa.

Baca: Google Maps Sertakan Perbandingan Ongkos Ride Sharing

Anda akan melihat antarmuka baru yang lebih simpel. Selanjutnya, masukkan lokasi awal dan lokasi destinasi. Pilih opsi untuk menggunakan ride-sharing.

Ikon Uber akan muncul di sisi bawah layar. Anda bisa memesan UberX, UberBlack, UberPool, atau UberMotor. Terakhir, tekan tombol "Request" dan Uber akan mencarikan sopir untuk Anda.


Belum bekerja di Indonesia

Mekanisme ini akan membuat hidup Anda lebih praktis dalam bertransportasi. Tak perlu lagi mencari alamat di Maps untuk kemudian beralih ke aplikasi pemesanan Uber. Maps sudah bisa berperan ganda.

KompasTekno sendiri sudah memperbarui layanan Maps di ponsel Android. Namun, hingga sekarang KompasTekno belum bisa menikmati kemudahan yang ditawarkan.

Sementara itu, pengguna iOS memang belum kebagian giliran untuk menjajal Maps sekaligus Uber di satu aplikasi. Belum jelas kapan Google akan memboyong kemampuan baru Maps untuk pengguna iPhone.

Baca: Mulai Hari Ini, Google Maps Beri Tahu Waktu Kedatangan Bus TransJakarta

Diketahui, Google Maps mulai gencar bekerja sama dengan layanan ride-sharing seperti Uber, Grab, dan Go-Jek sejak tahun lalu. Kerja sama itu awalnya sebatas memudahkan netizen membandingkan tarif pengantaran Uber, Grab, dan Go-Jek di aplikasi Maps.

Dengan begitu, pengguna bisa lebih cermat memilih. Namun, kala itu pengguna akan dialihkan ke aplikasi ride-sharing tertentu ketika hendak memesan kendaraan. Berbeda dengan kini, di mana pengguna tak perlu lagi beranjak ke mana-mana dari aplikasi Maps.

Untuk sementara, integrasi yang lebih erat baru dijalankan Maps dengan Uber. Belum jelas apakah Grab dan Go-Jek akan menyusul di kemudian hari.

Baca:Mulai Hari Ini, Google Maps Tampilkan Tarif Go-Jek dan Grab

PenulisFatimah Kartini Bohang
EditorDeliusno

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM