Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini "Browser" Internet Masa Depan Menurut Opera

Kompas.com - 16/01/2017, 17:28 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Opera tengah menyiapkan sebuah produk browser (peramban) internet baru untuk komputer desktop dan laptop. Dinamakan Neon, peramban tersebut disebut-sebut sebagai produk masa depan oleh Opera.

"Browser yang kita gunakan sekarang ini berasal dari milenium yang silam, masa ketika internet masih penuh dengan dokumen dan halaman," tutur Krystian Kolondra, Head of Opera Browser.

"Melalui Opera Neon, kami ingin menampilkan visi kami tentang masa depan internet," imbuhnya.

Secara desain, Neon memang berbeda dari peramban yang ada selama ini. Ia memang tampak lebih mengedepankan segi desain.

Saat aplikasi tersebut dibuka, pengguna bakal langsung berhadapan dengan gambar wallpaper komputer saat itu. Dengan cara ini, pengguna seakan tidak meninggalkan desktop sama sekali.

Di atas gambar wallpaper tersebut, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Mashable, Senin (16/1/2017), pengguna bakal melihat berbagai bubble sebagai jalan pintas ke situs-situs populer. Bubble lain akan menggantikan tab pada umumnya dan diletakkan di sebuah vertical bar di bagian kanan layar.

Di bagian kiri layar, Opera juga meletakkan berbagai jalan pintas lain. Bar tersebut berisikan pemutar video, galeri gambar, dan download manager.

Neon sendiri saat ini merupakan produk eksperimen dari Opera. Keberadaan dari produk tersebut juga tidak akan menggantikan browser Opera yang ada saat ini.

Fitur-fitur penting dari browser Opera yang ada sekarang, seperti pemblokir iklan ad-blocker dan VPN, dikatakan tidak akan hadir di Neon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com