Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone "Lepas Pasang" Moto Z Lulus Uji Kominfo

Kompas.com - 19/01/2017, 10:07 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Dua smartphone Motorola telah lulus uji di balai sertifikasi Ditjen SDPPI Kominfo. Itu artinya, selangkah lagi perangkat tersebut sudah bisa dijual secara resmi di Indonesia.

Dua perangkat itu memiliki nomor model XT1650-03 dan XT1635-02. Menurut penelusuran KompasTekno, XT1650-03 merujuk kepada Moto Z. Sementara itu, XT1635-02 merujuk kepada versi murah Moto Z, yakni Moto Z Play.

Di situs resmi Kemenkominfo, status pengujian dua seri smartphone tersebut bertuliskan "Sertifikat Dicetak" per tanggal 30 Desember 2016. Artinya, keduanya sudah melewati dan lulus semua tahapan pengujian.

Dipantau KompasTekno dari situs resmi SDPPI Kominfo, Kamis (19/1/2017), manufaktur untuk Moto Z dan Moto Z Play tercantum di Indonesia. Artinya, proses perakitan sudah melibatkan sumber daya di Tanah Air.

Menurut pantauan lain KompasTekno dari situs Kemenperin, dua smartphone tersebut sudah memiliki tingkat komponen dalam negeri (TKDN) sebesar lebih dari 20 persen. Apakah itu artinya perangkat ini sudah akan dijual resmi di Indonesia dalam waktu dekat?

Moto Z sendiri merupakan smartphone modular (memiliki aksesori lepas-pasang)  yang bisa dipasangkan dengan berbagai aksesori. Smartphone ini memiliki aksesori tambahan bernama Mods, yang bisa dilepas-pasang sesuai kebutuhan.

Ada beberapa Mods tambahan dengan fungsi berbeda, mulai dari proyektor berukuran mini, speaker buatan JBL, hingga kamera buatan Hasselblad.

Baca: Hasselblad Ubah Android Moto Z Jadi Kamera Saku

Moto Z sendiri dibekali dengan spesifikasi layar 5,5 inci QHD (1.440 x 2.560), chipset Qualcomm Snapdragon 820, RAM 4 GB, media penyimpanan 64 GB, kamera belakang 13 megapiksel, kamera depan 5 megapiksel, dan baterai 2.600 mAh.

Sementara itu, Moto Z Play memiliki spesifikasi sedikit di bawah Moto Z, seperti layar 5,5 inci Full HD (1.080 x 1.920), chipset Qualcomm Snapdragon 625, RAM 3 GB, kamera belakang 16 megapiksel, kamera depan 5 megapiksel, dan baterai 3.510 mAh.

Segera dijual resmi di Indonesia?

Pada akhir Desember 2016 lalu, pihak Lenovo, sebagai induk Motorola, memang sudah memberikan pertanda bahwa Moto Z segera dijual di Tanah Air.

Kala itu, dalam acara media gathering Lenovo Indonesia di Labuan Bajo, perusahaan asal China itu memamerkan kebolehan kamera Moto Z.

Baca: Lenovo Bersiap Meluncurkan Moto Z di Indonesia

"Ini foto yang tadi saya ambil diam-diam, pakai Moto Z," ujar Mobile Business Group 4P Lenovo Indonesia, Anvid Erdian kala itu.

Namun, Anvid enggan membeberkan tanggal pasti peluncuran Moto Z di Indonesia. Hanya saja, saat itu Lenovo dikatakan masih mengurus sertifikasi TKDN perangkat.

"Kami sudah memproses sertifikat TKDN ini. Pengajuannya sebelum 2017," ujarnya singkat.

Baca: Lenovo Luncurkan Smartphone Modular, Moto Z dan Moto Z Force


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com