Redmi Note 4 Versi Baru Dirilis, Dibekali RAM 4 GB dan Snapdragon 625 - Kompas.com

Redmi Note 4 Versi Baru Dirilis, Dibekali RAM 4 GB dan Snapdragon 625

Fatimah Kartini Bohang
Kompas.com - 19/01/2017, 15:59 WIB
TNW Xiaomi Redmi Note 4

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan di China pada Agustus 2016 lalu, Xiaomi Redmi Note 4 akhirnya resmi diluncurkan di India. Ponsel untuk kelas menengah versi baru ini punya varian RAM yang lebih besar dari pasar China. 

Varian yang dimaksud memiliki RAM 4 GB dengan media penyimpanan berkapasitas 64 GB. Di pasar China sendiri, varian tertinggi Redmi Note 4 memiliki RAM 3 GB dan media penyimpanan 64 GB.

Desain Redmi Note 4  versi ini masih sama dengan versi sebelumnya. Ia tampak premium untuk ponsel kelas menengah. Tampilan layarnya Full HD dengan desain kaca melengkung di bagian punggung. Bodinya pun berbalut metal.

Baca: Indikasi Kuat Xiaomi Bakal Comeback ke Indonesia

Dari segi prosesor, ada juga perbedaan antara Redmi Note 4 yang diperkenalkan di China dan diresmikan di India, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (19/1/2017) dari TheNextWeb.

Di China, Redmi Note 4 masih menggunakan "otak" Helio X20 deca-core bikinan MediaTek. Kini, untuk pasar India, dan kemungkinan global, penerus Redmi Note 3 itu mengandalkan prosesor Snapdragon 625 buatan Qualcomm.

Soal kamera, Redmi Note 4 memercayakan pada sensor berkualitas 13 megapiksel yang lebih kecil ketimbang 16 megapiksel di Redmi Note 3.

Namun, kamera Redmi Note 4 dilengkapi sensor CMOS yang membuat area piksel lebih besar 25 persen dibandingkan milik Redmi Note 3. Jika disandingkan, kamera teranyar ini semestinya lebih cakap.

Kamera depan Redmi Note 4 tak terlalu spesial dengan sensor 5 megapiksel. Agaknya ponsel ini tak mengikuti tren selfie yang sedang gencar akhir-akhir ini.

Spesifikasi lain dari ponsel ini meliputi slot hibrida untuk dual SIM 4G atau slot microSD hingga 128 GB, sistem operasi Android 6.0 "Marshmallow" yang dipadankan dengan MIUI 8, pemindai sidik jari, dan RAM 2GB/3GB/4GB dengan memori internal 32GB/64GB.

Tahan lama

Xiaomi mengklaim baterai Redmi Note 4 lebih hemat 70 persen ketimbang Google Pixel XL. Bagaimana tidak, ponsel berukuran phablet 5,5 inci itu dibekali baterai berkapasitas jumbo 4.100 mAh.

Kinerja termalnya digadang-gadang paling baik dibandingkan ponsel yang beredar di pasaran saat ini. Xiaomi menjanjikan ponsel akan tetap dingin pasca dipakai bermain game secara intensif selama 30 menit.

Redmi Note 4 tersedia dalam tiga varian warna, yakni Matte Black, Dark Gray, dan Gold. Harganya dibanderol 146 dollar AS (Rp 1,9 jutaan) untuk RAM 2 GB dan media penyimpanan 32 GB, sekitar 161 dollar AS (Rp 2,1 juta) untuk RAM 3 GB dan media penyimpanan 32 GB, hingga 190 dollar AS (RP 2,5 jutaan) untuk RAM 4 GB dan media penyimpanan 64 GB.

Ketersediaannya di India mulai 23 Januari mendatang. Belum jelas kapan ponsel ini akan menyambangi pasar Indonesia. 

Baca: Belum Dirilis, Xiaomi Mi 6 Sudah Jadi Raja AnTuTu

PenulisFatimah Kartini Bohang
EditorDeliusno
Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM