Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkominfo Yakin Masalah Pajak Google Segera Selesai

Kompas.com - 19/01/2017, 19:14 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memperkirakan masalah pajak Google akan bisa diselesaikan pada kuartal pertama 2017. Saat ini, proses penyelesaian masalah tersebut dikatakannya masih berlangsung.

Masalah yang dimaksud Rudiantara adalah tunggakan pajak dan denda sebesar Rp 5 triliun. Nilai tersebut merupakan akumulasi selama kurun 2011 hingga 2015.

“Masalah pajak Google diharapkan bisa selesai kuartal ini. Soal penagihan ke belakang atau ke depan, itu tergantung regulasi yang digunakan Kementerian Keuangan,” ujarnya kepada KompasTekno.

"Saya dukung Kementerian Keuangan (Kemenkeu), saya juga rutin diskusi dengan mereka. Hanya saja persoalan kebijakan fiskal adanya di tangan Kemenkeu," imbuhnya.

Baca: Tawaran Damai Google soal Pajak Ditolak Indonesia

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Menkominfo Rudiantara dalam acara Seminar Awal Tahun Indonesia Technology Forum, di Jakarta, Kamis (19/1/2017).

Menurut Chief RA, sapaan akrabnya, masalah yang paling rumit adalah soal penyelesaian tagihan ke belakang. Hal itulah yang sampai saat ini masih belum mencapai solusi.

Sedangkan soal tagihan ke depan, Rudiantara yakin akan lebih lancar, bergantung kepada kesepakatan yang tercapai antara perusahaan dengan pemerintah saja.

“Kalau ke depan belum, karena yang penting disepakati ke depan seperti apa. Saya yakin (penagihan) ke depan makin settle. Tinggal soal ke belakangnya saja diselesaikan dulu,” tutur Rudiantara.

Baca: Selain di Indonesia, Pajak Google Dipermasalahkan di 4 Negara Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com