Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fujifilm Lengkapi Jajaran Lensa "Fixed" Murah

Kompas.com - 20/01/2017, 09:40 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KYOTO, KOMPAS.com - Bersama dengan X-T20, Fujifilm turut memperkenalkan lensa prime (fixed) baru bernama Fujinon XF 50mm F2 R WR untuk jajaran kamera mirrorless besutannya. Fujinon XF 50mm F2 R WR merupakan model ketiga dari seri lensa prime XF "murah" dengan aperture maksimum F2.0.

Sebelumnya sudah ada Fujinon XF 35mm F2 R WR dan XF 23mm F2 R WR yang masing-masing memiliki bidang pandang setara 50mm dan 35mm di kamera full-frame. Sementara, cakupan bidang pandang Fujinon XF 50 F2 R WR setara 75mm di kamera full-frame dengan faktor pengali 1,5 x karena kamera mirrorless Fujifilm menggunakan sensor ukuran APS-C.

Saat berbicara di konferensi pers Fujikina 2017 di Kyoto, Jepang, Kamis (19/1/2017), General Manager Sales and Marketing Group Fujifilm Toshihsa Iida mengatakan bahwa kehadiran Fujinon XF 50mm F2 R WR telah melengkapi jajaran lensa prime Fujinon XF F2 yang kini terdiri dari tiga model.

Menurut dia, selain harga lebih terjangkau dibandingkan lensa prime Fujinon lainnya, salah satu kelebihan utama lensa prime seri Fujinon F2 adalah ukurannya yang ringkas.

"Ketiga lensa ini praktis untuk dibawa, dan bobot mereka bertiga hanya lebih sedikit dari setengah kilogram," ujar Iida.

Baca: Fujifilm Pasangi X100F dengan Mesin Kelas Atas

Oik Yusuf/Kompas.com Lensa prime Fujinon

Fujinon XF 50mm F2 R WR memang memiliki bobot hanya 200 gram, sementara Fujinon XF 35mm F2 R WR dan XF 23mm F2 R WR masing-masing berbobot 170 gram dan 180 gram. Ukuran diameter filter Fujinon XF 50mm F2 R WR sedikit lebih besar, yakni 46mm, dibanding 43mm untuk Fujinon XF 35mm F2 R WR dan XF 23mm F2 R WR.

Embel-embel "WR" menandakan kemampuan tahan cuaca (weather resistant) dari seri lensa yang kecil tapi tangguh ini. Fujinon XF 50mm F2 R WR, misalnya, tahan cipratan air dan debu, disamping freeze proof hingga suhu -10 derajat Celsius.

Fujinon XF 50mm F2 R WR rencananya akan mulai hadir di pasaran mulai bulan Februari mendatang dalam pilihan warna hitam dan silver. Banderol harganya dipatok di angka 449 dollar AS atau sekitar Rp 6,1 juta.

Baca: Fujifilm X-T20 Meluncur, Pakai Prosesor dan Sensor Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com