Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasihat Pamungkas 6 Petinggi TI untuk Capai Kesuksesan

Kompas.com - 20/01/2017, 19:30 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Kesuksesan memiliki arti yang luas dan terkadang sangat personal. Tiap orang punya patokan sukses masing-masing, sebab target yang ingin dicapai pun berbeda-beda.

Namun, jika ditilik dari segi karir, ada orang-orang tertentu yang menduduki pucuk kepemimpinan perusahaan ternama. Orang-orang itu secara umum disepakati sebagai orang sukses. Mereka memiliki hasrat, kepercayaan diri, dan usaha yang keras untuk sampai pada level CEO.

Ada pula orang-orang yang merintis perusahaannya dari nol besar hingga menjadi raksasa. Misalnya saja pendiri Apple Steve Jobs dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg.

Tak ada yang benar-benar tahu rahasia kesuksesan mereka. Namun, semua orang bisa belajar dari nasihat yang pernah terucap dari bibir mereka.

Berikut beberapa nasihat para petinggi raksasa teknologi, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (20/1/2017) dari BusinessInsider.

Baca: Momen Kemarahan Steve Jobs yang Terekam dalam Video

1. Co-founder dan mantan CEO Apple, Steve Jobs.

Bapak Apple yang penuh inovasi ini percaya bahwa manusia harus terus bergerak ke depan, tapi tak boleh melupakan masa lalu. Menurut dia, segala sesuatu yang pernah dilakukan akan relevan dengan apa yang ingin dicapai selanjutnya.

"Anda tak bisa menghubungkan titik-titik jika hanya melihat ke depan; Anda hanya bisa menghubungkan titik-titik itu ketika melihat kembali ke belakang. Jadi Anda harus percaya bahwa titik-titik itu akan terhubung ke masa depan Anda," kata dia. 


2. Co-founder Apple, Steve Wozniak

Rekan Steve Jobs ini yakin bahwa kesuksesan bisa dicapai dengan rasa cinta terhadap apa yang dikerjakan dan kemauan untuk bekerja keras. Ia mengatakan semua proses jatuh bangun pada akhirnya pasti terbayar.

"Jika Anda mencintai apa yang Anda kerjakan dan mau melakukan apapun untuk itu, kesuksesan bakal digenggam. Tiap menit yang Anda habiskan untuk begadang tengah malam memikirkan apa yang ingin Anda bangun akan terbayar," ia menuturkan. 

3. Founder dan Direktur Alibaba Group, Jack Ma.

Alibaba mampu menjadi raksasa e-commerce di China dan tengah berekspansi ke seluruh Asia. Semua ini berkat kegigihan Jack Ma yang merupakan orang nomor satu di perusahaan tersebut.

Ia mengajak semua orang untuk yakin dengan mimpi dan tak perlu peduli opini orang lain. "Alibaba bukan cuma pekerjaan. Alibaba adalah mimpi. Biarkan saja investor Wall Street mengutuk kami semau mereka," kata Jack Ma. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com