Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Edit Foto "Meitu" Sedang Digemari, Tetapi Ada yang Aneh

Kompas.com - 22/01/2017, 16:03 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Toko Aplikasi Android dan iOS memiliki berbagai aplikasi edit foto yang menghibur penggunanya. Salah satunya adalah aplikasi bernama Meitu, buatan sekelompok developer asal China.

Meitu kini sedang populer digunakan oleh orang di berbagai negara, termasuk Indonesia. Hasil olahan foto menggunakan aplikasi ini pun kini membanjiri Twitter.

Namun di balik kepopuleran Meitu, aplikasi ini ternyata menyimpan kekhawatiran terkait data pribadi pengguna, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Minggu (22/1/2017).

Ubah foto jadi anime

Aplikasi Meitu digemari karena mampu mengubah wajah pengguna jadi berpola karakter anime. Penggunaannya pun cukup mudah. Cukup masuk ke toko aplikasi Android atau iOS, cari Meitu dan pasanglah ke ponsel Anda.

Selanjutnya bukalah aplikasi tersebut. Di dalamnya, Anda akan menemukan beberapa fitur yang sudah biasa disematkan dalam aplikasi edit foto, seperti Beautify, Edit, atau Collage.

Terdapat juga fitur yang bisa mengubah foto wajah menjadi layaknya karakter anime, yakni berkelopak mata tebal dengan iris dan pupil yang besar pula.

Bila ingin membuat wajah Anda menjadi mirip karakter anime, Anda bisa memilih fitur bernama Hand-Drawn. Carilah foto yang memuat wajah di dalamnya, bisa wajah Anda sendiri atau orang lain.

Baca: 8 Aplikasi Edit Foto Terpopuler di Android

Kemudian, pilihlah tipe perubahan yang Anda inginkan. Meitu menawarkan beberapa pilihan tipe edit, yakni Angelic, Blossom, Fairy Tale dan New Year. Semua tipe tersebut sama-sama mengubah wajah menjadi mirip animasi, tapi dengan bentuk, latar dan nuansa yang masing-masing berbeda.

Namun ada hal yang perlu dicatat. Meitu baru bisa memindai wajah manusia saja, sehingga tidak dapat membaca atau meminda wajah hewan, mainan boneka, atau benda lainnya.

Selain itu, meski menggunakan foto wajah pria, aplikasi ini akan tetap membuatnya terlihat cantik ala anime. Jadi jika Anda pria berkumis, seperti foto di atas, maka hasilnya adalah sosok anime cantik yang memiliki kumis.

Meski demikian, aplikasi Meitu ini cukup menarik untuk dipakai bermain-main mengubah tampilan wajah. Anda bisa mengunduh Meitu untuk Android melalui tautan ini, atau versi iOS di tautan berikut ini.

Ada yang "aneh"

Meski menyenangkan, ada "keanehan" di Meitu yang mesti diwaspadai. Pasalnya, saat pengguna mengunduhnya dari toko aplikasi, aplikasi tersebut otomatis meminta izin untuk mengakses sejumlah hal yang tak berkaitan dengan fitur edit foto.

Halaman:
Sumber CNET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com