Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Langkah Samsung Cegah "Tragedi" Note 7 Terulang

Kompas.com - 24/01/2017, 16:14 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Samsung kini telah mengubah metode pengujian baterai ponsel dalam fasilitas produksi mereka di seluruh dunia. Perubahan tersebut dilakukan dengan harapan agra "tragedi" yang dialami dengan Galaxy Note 7 tidak terulang, sekaligus meraih hati pengguna.

Samsung memang sempat mendapat masalah besar karena sejumlah Galaxy Note 7 meledak dan terbakar ketika dipakai pengguna. Namun semua itu sudah berakhir. Mereka telah memutus peredaran ponsel tersebut, menghentikan produksi dan menyelesaikan investigasi mengenai penyebabnya.

Agar "tragedi" Note 7 itu tak terulang, Samsung kini memiliki pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan, yakni melakukan sesuatu untuk memenangkan hati para penggunanya.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Android Central, Senin (23/1/2017), salah satu cara yang sedang ditempuh Samsung adalah mengubah metode pengujian baterai yang akan dipakai di berbagai perangkat genggamnya.

Baca: Samsung Resmi Umumkan Penyebab Galaxy Note 7 Mudah Terbakar

Pengujian yang dimaksud disebut sebagai 8-Point Safety Check, berikut penjelasannya.

1. Ketahanan baterai

Sebelum dipakai, Samsung akan menguji ketahanan baterai tersebut. Pengujian ketahanan ini antara lain berupa overgcharging, menusuknya menggunakan paku, serta meletakkan baterai di suhu ekstrim.

2. Meninjau fisik

Setiap baterai produksi Samsung dijanjikan akan selalu dicek untuk mengetahui apakah sudah sesuati dengan standarisasi yang ada.

3. Sinar X

Setiap baterai dijanjikan sudah melewati pemindaian menggunakan sinar X. Tujuannya untuk melihat kondisi bagian dalam baterai, mengecek adakah hal yang aneh atau cacat.

4. Isi dan pakai

Baterai juga akan diuji dengan cara mengisi daya dan mengeluarkannya. Pengujian ini dilakukan dalam skala besar.

5. Uji TVOC

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com