Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S8 Dipastikan Absen dari MWC 2017

Kompas.com - 25/01/2017, 14:15 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Belakangan ini, Galaxy S8 digadang-gadang bakal dirilis di ajang Mobile World Congress 2017 pada penghujung Februari mendatang. Prediksi itu dibuat karena Samsung memang biasanya merilis Galaxy S di ajang tersebut.

Akan tetapi, pernyataan dari Dong-jin Koh, Mobile Chief Samsung, mematahkan prediksi tersebut. Di hadapan wartawan, Koh membeberkan Galaxy S8 tidak akan diperkenalkan di ajang tersebut.

Sayangnya, Koh enggan membocorkan kapan tepatnya perangkat penerus Galaxy S7 itu akan diperkenalkan. Rumor yang beredar baru-baru ini mengatakan bahwa Galaxy S8 rencananya akan dikenalkan Samsung pada 29 Maret, dan mulai dijual pada awal April 2017.

Baca: Inikah Tanggal Peluncuran Galaxy S8?

Koh sendiri menyatakan bahwa Samsung sudah belajar banyak dari kesalahan yang terjadi di Galaxy Note 7. Perusahaan dikatakan bakal bekerja keras untuk mengembalikan kepercayaan dari para pelanggan.

"Pelajaran dari insiden ini direfleksikan secara mendalam dalam kultur dan proses kami," tutur Koh, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Reuters, Rabu (25/1/2017).

"Samsung Electronics akan bekerja keras untuk mendapatkan kembali kepercayaan pelanggan," imbuhnya.

Sumber masalah Galaxy Note 7

Samsung akhirnya mengumumkan penyebab Galaxy Note 7 mudah panas dan berisiko meledak. Penjabarannya berdasarkan hasil investigasi selama berbulan-bulan. Ternyata, sumber masalah pada flagship itu berasal dari dua hal berbeda di dua baterai yang dirancang.

Pertama, baterai memiliki kelemahan desain di pojok kanan atas yang menimbulkan korsleting. Casing eksternal baterai juga dinilai terlalu kecil untuk komponen yang ada di dalamnya.

Akibatnya, elektroda baterai yang ada di dalamnya mengalami pembengkokan dan posisi ujung elektroda negatif menekan pojok kanan atas casing baterai. Masalah baterai yang pertama membuat Samsung menarik Galaxy Note 7 untuk sementara dari pasaran pada September 2016.

Lantas, pada akhir September, Galaxy Note 7 yang baru kembali dipasarkan. Sayangnya versi baru tak lebih baik dari versi pertama. Masalahnya bukan lagi pada desain, namun proses manufaktur yang terlalu terburu-buru. Baterai mudah terbakar karena ada cacat dalam proses pengelasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com