Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setahun Setelah Android, “Offline Message” WhatsApp Hadir di iPhone

Kompas.com - 26/01/2017, 11:11 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Selama lebih dari setahun belakangan, pengguna WhatsApp di Android bisa menulis pesan saat ponsel sedang offline. Pesan akan otomatis dikirim begitu ponsel kembali mendapat sambungan internet.

Pengguna WhatsApp di iPhone belakangan mendapat fitur serupa lewat sebuah update yang disalurkan ke aplikasi tersebut pekan ini.

Sebelumnya, di WhatsApp versi iOS, tombol “send” untuk mengirim pesan tidak bisa ditekan apabila ponsel sedang tidak terhubung ke internet, misalnya ketika berada dalam Airplane Mode.

Pengguna pun mesti mengirim pesan secara manual saat tombol “send” kembali berfungsi, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Kamis (26/1/2017).

Namun, seiring dengan disalurkannya update di atas, pengguna WhatsApp di iOS kini bisa langsung menekan tombol “send” walaupun ponsel sedang offline.

Baca juga: Cara Bikin Huruf di WhatsApp Jadi Tebal dan Miring

WhatsApp akan mengirim pesan-pesan yang sudah ditulis saat ponsel iOS sudah kembali online. Seperti di Android, pengiriman otomatis ini berlaku untuk semua pesan yang sudah ditulis saat offline, tak terbatas hanya pada satu pesan saja.

Selain penulisan pesan saat offline, update dimaksud juga menambahkan fitur lain berupa dukunan pengiriman file gambar hinga 30 buah, naik dari sebelumnya yan dibatasi 10 gambar.

Ada juga pembaruan di layar Storage Usage. Pengguna bisa menghapus jenis pesan tertentu dari sebuah chat, misalnya video atau gambar, untuk menghemat ruang penyimpanan pada ponsel.

Baca: 10 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Wajib Diketahui

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com