Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Hapus Aplikasi Bikinan Iran dari App Store?

Kompas.com - 30/01/2017, 16:04 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Apple dikabarkan mulai menghapus aplikasi iOS bikinan developer dan startup asal Iran dari toko App Store miliknya. Padahal, sebelum ini, pada September 2016 Apple baru saja membuka akses App Store untuk para pembuat aplikasi dari negeri tersebut.

Informasi yang beredar menyebutkan bahwa salah satu korban penghapusan adalah aplikasi e-commerce Digikala yang populer di Iran dan memiliki jutaan pengguna.

Digikala tetap dihapus beberapa hari lalu meskipun hanya menggunakan sistem pembayaran lokal bernama Shaparak. Aplikasi tersebut tidak terhubung dengan sistem pembayaran internasional.

Baca: ?Apple Tak Bakal Ada Tanpa Imigran?

App Store sendiri sebenarnya tidak tersedia untuk wilayah Iran. Namun, banyak perusahaan Iran meregistrasi aplikasi mereka di luar negeri supaya bisa masuk ke toko aplikasi Apple itu.

Beberapa bank di Iran memiliki aplikasi untuk platform iOS yang dipasang ke iPhone dengan teknik side-loading, tanpa perlu App Store atau jailbreak, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Senin (30/1/2017).

Diperkirakan terdapat 6 juta unit iPhone yang beredar di Iran. Ponsel-ponsel tersebut tidak masuk secara resmi, melainkan diselundupkan dengan jumlah mencapai 100.000 unit per bulan.

Selain menghapus aplikasi bikinan developer Iran, Apple kini juga dikabarkan menolak aplikasi yang diajukan dari Iran. Alasan yang disebutkan adalah absennya App Store di Iran. Apple turut mengutip Peraturan Sanksi dan Transaksi Iran.

Baca: Apple Watch Series 2 Resmi Masuk Indonesia, Harganya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com