Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pionir "Pac-Man", Masaya Nakamura Tutup Usia

Kompas.com - 31/01/2017, 11:51 WIB
Deliusno,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masaya Nakamura, pendiri perusahaan pencipta permainan legendaris Pac-Man, telah meninggal dunia pada 22 Januari 2017 lalu. Ia meninggal di usianya yang ke-91.

Pengumuman meninggalnya Nakamura diumumkan langsung oleh perusahaan game yang didirikannya, Namco. Tidak disebutkan penyebab meninggal dan tempat ia disemayamkan.

Nakamura mulai membangun "kerajaan" bisnis bernuansa hiburan pada tahun 1955. Kala itu, Jepang baru mulai pulih setelah habis-habisan di Perang Dunia II. Para warga Jepang pun mulai haus akan hiburan dan juga permainan.

Saat itu, Nakamura baru memulai usahanya dengan meletakkan dua buah wahana kuda-kudaan dari kayu untuk anak-anak. Mainan tersebut diletakkannya di atas pusat perbelanjaan.

Masaya Nakamura meninggal di usia ke-91Time Masaya Nakamura meninggal di usia ke-91
Usaha tersebut pun dikatakan cukup sukses. Oleh karena itu, pada tahun 1960-an, Nakamura mulai mengembangkan bisnisnya. Bekerja sama dengan Mitsukoshi, sebuah rantai pusat perbelanjaan di Jepang, perusahaan Nakamura mulai menaruh berbagai mainan lain, juga di atap pusat perbelanjaan.

Tidak hanya kuda-kudaan, Nakamura mulai menaruh replika mobil lengkap dengan relnya.

Sukses di video game

Nama Nakamura semakin terkenal seiring meningkatnya dunia video game di Jepang. Pada tahun 1970-an, Nakamura mulai memperkerjakan pembuat software di perusahaan yang terus berkembang, Nakamura Manufacturing. Nama perusahaan tersebut kemudian diubah menjadi Namco.

Perusahaan tersebut mengembangkan berbagai game untuk arcade. Di Indonesia sendiri, arcade lebih dikenal dengan nama mesin ding-dong.

Nama Namco, sebagaimana KompasTekno rangkum dari ArsTechnica, Selasa (31/1/2017), semakin meroket saat perusahaan tersebut membeli Atari Japan dari Nolan Bushnell seharga 500.000 dollar AS. Perjanjian itu membuat Namco mendapatkan hak mendistribusikan game bikinan Atari di Jepang selama 10 tahun.

Pembelian Atari itu juga yang membuat Namco akhirnya mengembangkan game super populer Galaxian. Game itu sendiri dibikin untuk menjadi pesaing Space Invader bikinan Taito.

Pac-Man sendiri dirilis pada tahun 1980. Game ini dikerjakan oleh karyawan Namco bernama Toru Iwatani. Menurut Iwatani, karakter Pac-Man sendiri terinspirasi dari bentuk pizza utuh bulat yang sudah terambil satu potong.

Bisa dikatakan, Nakamura menjadi salah satu pionir untuk game Pac-Man ini. Memang game itu dikerjakan oleh Iwatani, tetapi tanpa persetujuan dari Nakamura, game Pac-Man tidak akan lahir.

Namco sendiri saat ini sudah berubah menjadi Bandai Namco. pada tahun 2005, perusahaan bikinan Nakamura tersebut memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan pembuat mainan Bandai.

Nakamura sendiri pernah mendapat penghargaan Order of the Rising Sun pada tahun 2007 oleh pemerintah Jepang atas prestasinya.

Baca: April Mop, Google Maps Jadi Arena Main PacMan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com