Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, Oppo Kalahkan iPhone di China

Kompas.com - 31/01/2017, 14:21 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber CNBC

KOMPAS.com — Sudah sejak 2012 lalu, iPhone buatan Apple menjadi ponsel dengan penjualan tertinggi di China. Namun, sekarang, berdasarkan data dari Counterpoint Research, kondisi tersebut berubah.

Laporan tersebut mengungkap bahwa penjualan iPhone di China sepanjang tahun 2016 telah menurun. Sementara itu, yang naik drastis justru penjualan ponsel Oppo R9.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari CNBC, Selasa (31/1/2017), jumlah penjualan iPhone 6s di China sebesar 12 juta unit atau sekitar 2 persen dari total ponsel yang dijual di Negeri Tirai Bambu.

Sementara itu, Oppo R9 dibeli oleh lebih banyak orang. Total penjualannya mencapai 17 juta unit atau setara 4 persen dari total penjualan.

“Penjualan Apple, terutama iPhone 6s, semakin lambat pada tahun lalu. Namun, situasi tersebut membaik karena permintaan iPhone 7 di kuartal empat 2016 justru makin banyak,” demikian tertulis dalam penelitian tersebut.

Baca: Cerita Kota Kecil di China dengan Julukan iPhone City

“Walau demikian, Apple masih berada di posisi rawan, dan para pengguna sudah sangat menantikan kehadiran iPhone generasi terbaru,” pungkasnya.

Counterpoint Research juga mencatat bahwa dibandingkan dengan Oppo, total pengapalan ponsel Apple ke China tergolong kecil. Pada 2016 lalu, pengapalan ponsel Oppo ke China terlihat naik 109 persen secara year on year.

Begitu pula dengan sejumlah vendor lain, seperti Vivo yang naik 78 persen dan Huawei naik 21 persen.

Sementara itu, pada kurun waktu yang sama, Apple justru melaporkan adanya penurunan total pengapalan ponsel ke China. Persentase penurunan tersebut mencapai 22 persen.

Baca: Oppo F1s Versi RAM 4 GB Resmi Dirilis di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com