Kurangi “Ketergantungan” dari Intel, Apple Bikin Prosesor Sendiri? - Kompas.com

Kurangi “Ketergantungan” dari Intel, Apple Bikin Prosesor Sendiri?

Oik Yusuf
Kompas.com - 03/02/2017, 16:15 WIB
Newsroom Apple Tampilan macOS Sierra pada Mac.

KOMPAS.com - Sejak beralih dari PowerPC pada 2005, Apple selalu menggunakan prosesor bikinan Intel di lini komputer Mac besutannya. Namun kabar terbaru menyebutkan bahwa raksasa gadget itu hendak mengurangi “ketergantungan” terhadap Intel.

Caranya bukan dengan serta-merta mengganti prosesor Intel yang tertanam di komputer Mac. Melainkan membikin chip baru yang akan bekerja berdampingan dengan prosesor utama.

Sumber internal Apple yang dikutip Bloomberg menyebutkan bahwa chip baru tersebut nantinya bakal mengambil alih tugas dari prosesor utama saat komputer berada dalam mode hemat daya “Power Nap”.

Ketika berada dalam mode ini, komputer hanya menggunakan sedikit daya. Layar dimatikan, tapi komputer masih sanggup melakukan hal-hal sederhana seperti menerima e-mail, memasang update software, dan sinkronisasi agenda kalender.

Baca: ?Apple Tak Bakal Ada Tanpa Imigran?

Operasional komputer Mac saat berada dalam mode irit daya tersebut selama ini ditangani oleh prosesor utama (Intel). Nah, nantinya, tugas tersebut bakal dialihkan ke chip baru bikinan Apple yang lebih irit daya.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno, Jumat (3/2/2017), chip baru bikinan Apple itu disebut sebagai “T310” oleh kalangan internal. Basisnya adalah arsitektur ARM yang memang terkenal hemat energi.

Apple sebenarnya sudah menanam chip ARM buatan sendiri di komputer Mac. Bernama T1, chip ARM itu tugasnya menangani operasional layar sentuh Touch Bar yang diintegrasikan di keyboard laptop MacBook Pro terbaru.

Chip T1 beroperasi secara independen dari komponen komputer yang lain dan khusus hanya menangani Touch Bar saja. Untuk T310, chip tersebut kemungkinan bakal memiliki wilayah kerja yang lebih luas dan mampu mengatur kerja komponen lain, termasuk storage dan sistem wireless.

Baca: Pasar PC Turun Lagi, Apple Terbanyak

PenulisOik Yusuf
EditorDeliusno
SumberBloomberg

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM