Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Line Bikin Kompetisi Bikin Bot Berhadiah Rp 800 Juta di Indonesia

Kompas.com - 06/02/2017, 09:14 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Line menantang para pengembang aplikasi di Indonesia untuk mengembangkan bot yang berguna sebagai pendukung kegiatan sehari-hari. Para pemenang tantangan ini bakal diganjar hadiah dengan total mencapai Rp 800 juta.

Selain hadiah uang tunai, para pemenang kompetisi juga berkesempatan untuk bekerja di Line.

"Selain dapat berinovasi, dapatkan juga total hadiah sejumlah Rp 800.000.000 dan kesempatan bekerja dengan Line," tutur Ongki Kurniawan, Managing Director Line Indonesia, dalam keterangan pers yang KompasTekno terima, Senin (6/2/2017).

Baca: 3 Jurus Line Kembangkan Bisnis di Indonesia

Bot merupakan kode pemrograman sederhana untuk menangai berbagai tugas repetitif. Di Line, bisa dibayangkan bot sebagai program yang bisa secara otomatis menjawab pertanyaan pengguna.

Saat ini, kompetisi pengembangan bot yang diselenggarakan Line baru dibuka dalam tahap pendaftaran. Rencananya tahap tersebut akan berlangsung antara 2 Februari 2017 hingga 31 Maret 2017.

Peserta kompetisi akan terbagi menjadi dua kategori berbeda. Pertama, pengembangan bot kategori utilitas yang berguna untuk memudahkan tugas sehari-hari. Kedua, pengembangan bot kategori game untuk berinteraksi dengan pengguna.

“Kompetisi ini merupakan salah satu upaya kami untuk menjadi pemimpin di inovasi chat bot dan mendekatkan jarak dengan para developer Indonesia. Kami percaya para developer Indonesia bisa menciptakan inovasi yang luar biasa dan membantu mewujudkan impian kami,” ujar Ongki.

“Lewat LINE Developer Challenge, kami mengajak dan memberi saluran untuk talenta lokal agar dapat mengeksplorasi, mengembangkan potensi, serta berkontribusi untuk pembangunan ekosistem digital kreatif Indonesia,” imbuhnya.

Selain kompetisi, Line juga berencana menyelenggarakan road show terkait Line ChatBot di Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Bali, Surabaya, Depok, dan Tangerang. Penyelenggaraan workshop tersebut atas kerja sama dengan Badan Eknonomi Kreatif (Bekraf) dan Dicoding.

Jika ingin ikut serta dalam kompetisi pembuatan bot itu, Anda bisa mendaftar melalui tautan ini.

Baca: Di Indonesia, Jumlah Pengguna Line Pepet Facebook

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com